Tuesday, September 14, 2021

SOAL PTS UTS BAHASA JAWA KELAS 4 SEMESTER 1


1. Geguritan ing Bahasa Indonesia diarani ... 

a. prosa

b. puisi

c. cerpen

d. komik


2. Pamilihe tembung sing pantes lan mentes ndadekake geguritan dadi ...

a. alus lan nrenyuhake

b. asar lan mangkelake

c. suci lan nyenengake

d. endah lan aji


3. Bisa ngrasakake susah, seneng, nesu  nalika maca geguritan kuwi diarani wis  mumpuni bab ...

a. wiraga

b. wicara

c. wirasa

d. wirama


4. Geguritan kang diwiwiti tembung "sun gegurit" yaiku geguritan gagrag ...

a. anyar

b. bebas

c. lawas

d. modern


5. Geguritan kang isine kaiket ing paugeran-paugeran iku diarani geguritan ...

a. Gagrag anyar

b. Gagrag modern

c. Gagrag kontemporer

d. Gagrag kuno


6. Geguritan ing ngisor iki nduweni irah-irahan ...

a. Sapu Sada

b. dening Astuti

c. Jumat asri

d. guyub rukun


7. Dudu titikane geguritan gagrag lawas, yaiku ...

a. guru lagu pinathok

b. diwiwiti kanthi ukara "sun gegurit"

c. ora kaiket paugeran

d. lumrahe  sapadane dumadi saka patang gatra


8. Salah sijining pathokan parikan yakuwi ...

a. cacahing wanda sepisan kudu padha karo ukara kapindho.

b. cacahing wanda sepisan ora kudu padha karo ukara kapindho

c. cacahing wanda kapindho ora ana gandhengcenenge karo ukara kapisan

d. wangsulan a, b, c  ora ana sing bener


9. Ukara sepisan ing parikan ngemu tujuan kanggo ...

a. narik kawigaten

b. nuduhke isi

c. nerangake isi

d. narik kawigaten lan nuduhke isi


10. Kang kalebu paugeraning parikan yaiku ...

a.  Parikan bisa dumadi saka rong gatra utawa lima gatra

b.  Parikan bisa dumadi saka rong gatra utawa patang gatra

c.  Parikan dumadi saka papat utawa wolung gatra

d.  Ukara sing ngarep winangka  isi


11. Parikan kuwi miganakake purwakanthi ...

a. guru lagu

b. guru gatra

c. guru swara

d. guru wilangan


12. manuk emprit nucuk pari. dadi murid sing ...  cecek-cecek ing ndhuwur iku diisi ...

a. ngapusi

b. setiti

c. ngati-ati

d. taberi


13. timune diiris-iris. gumune ora ... tembung kang trep kanggo ngisi cecek-cecek ing ndhuwur yaiku ...

a. urung wis

b. uwis bar

c. uwis-wis

d. gelis-gelis


14. Bacutno parikan ing ngisor iki !

a. pasinaon

b. gotong royong

c. gotongan

d. kerjabakti


15. Tembung kang trep kanggo ngisi cecek-cecek ing ngisor iki yaiku ....

a. tuku buku

b. tuku sepatu

c. mlaku-mlaku

d. sinau


16. Crita wayang iku duwe piguna menehi lelipur lan piwulang utama. Piwulang kautaman crita wayang iku kawedharake lumantar ...

a. praupane

b. busana paragane

c. dedeg piyadege

d. watak - watak paragane


17. Gatekno pratelan ing ngisor iki!

a. Werkudara, Janaka

b. Yudhistira, Nakula

c. Janaka, Sadewa

d. Yudhistira, Sadewa


18. Wayang Yudhistira diparagake ing nomer ...

a. 

b. 

c. 

d. 

19. Garwane Raden Yudhistira aran ...

a. Dewi Kunthi

b. Dewi Madrim

b. Dewi Drupadi

d. Dewi Gendari


20. Raseksa sing mbaureksa sendang  kang dumunung ing tengah alas kang ndadekake kabeh sedulure Yudhistira tiwas saktemene jelmaan saka ...

a. Dewa Widhi

b. Dewa Tunggal

c. Dewa Sita

d. Dewa Dharma

Friday, September 10, 2021

SOAL PTS 1 PPKn KELAS 4 SD


1. Sesuatu yang layak kita terima sebagai warga suatu lingkungan disebut ...

a. hak

b. kewajiban

c. kebutuhan

d. keinginan


2. Ikut menghemat energi listrik dengan mematikan televisi yang tidak ditonton merupakan ...

a. hak

b. kewajiban

c. kebutuhan

d. keinginan


3. Berikut ini merupakan kewajiban yang harus dilakukan untuk menjaga kelestarian dan ketersediaan air yakni ... 

a. menggunakan air semaunya

b. membuang sampah ke sungai atau ke laut

c. menangkap ikan dengan bom dan racun

d. menjaga kelestarian hutan sebagai daerah resapan 


4. Di Indonesia, energi listrik diusahakan oleh ...

a.  PT KAI

b.  PT PLN

c.  PT Pertamina

d.  PT Telkom


5. Setiap warga negara memiliki hak untuk menggunakan segala fasilitas yang disediakan oeleh negara, diantaranya  energi listrik. Berikut ini merupakan peralatan rumah tangga yang menggunakan energi listrik, kecuali ... 

a. televisi

b. kompor gas

c. AC

d. kipas angin


6. Hemat energi dalam kehidupan sehari-hari merupakan sikap pengamalkan Pancasila terutama sila ... 

a. Kemanusiaan yang adil dan beradab

b. Persatuan Indonesia

c. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam  permusyawaratan/perwakilan

d. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia


7. Di bawah ini merupakan perilaku bijak dalam mempergunakan energi listrik, yakni ...

a. segera mematikan setrika setelah selesai memakainya

b. tidak mematikan televisi ketika sudah tidak ada yang menontonnya

c. menyalakan lampu sepanjang hari

d. menyalakan AC sepanjang hari karena cuaca panas


8. Berikut ini merupakan cara menghemat kertas, kecuali ...

a. menggunakan kertas dengan sebaik-baiknya

b. menulis pada kertas yang sisinya masih kosong

c. membuang-buang kertas karena masih mempunyai banyak kertas

d. menggunakan kertas jika hanya benar-benar dibutuhkan


9. Berikut ini merupakan kewajiban yang harus dilakukan untuk menjaga kelestarian hutan, kecuali ...

a. menghemat kertas

b. tidak menebang pohon sembarangan

c. menghemat plastik

d. reboisasi


10. Mematikan peralatan elektronik ketika tidak digunakan adalah contoh bentuk sikap ...

a. boros energi

b. hemat energi

c. bekerja keras

d. hidup susah


11. Sebagai anggota masyarakat, kita harus melaksanakan hak dan kewajiban secara ....

a. seimbang

b. bergantian

c. sesuka hati

d. tergantung kebutuhan


12. Untuk membuat 1 rim kertas berukuran A4 diperlukan 1 pohon di hutan yang usianya .... tahun

a. 3

b. 4

c. 5

d. 6


13. Bahan untuk membuat kertas adalah pohon yang dicampur dengan ...

a. lem

b. air

c. alkohol

d. serbuk jerami


14. Kita harus ....... bumi dari kerusakan sehingga bumi tetap nyaman sebagai tempat tinggal

a. membuat

b. menjadikan

c. menjaga

d. menciptakan


15. Pada saat memasak air di dalam wadah, sebaiknya wadah ...... agar tidak ada energi panas yang terbuang sia-sia

a. dibuka

b. ditutup

c. dirusak

d. dibiarkan


16. Usaha untuk mengembangkan sumber energi alternatif merupakan ..... semua masyarakat.

a. hak

b. kewajiban

c. keinginan

d. harapan


17. Kita berkewajiban untuk menjaga ketersediaan sumber energi  untuk ...

a. kemakmuran pejabat negara

b. kemakmuran individu tertentu

c. generasi selanjutnya

d. kepentingan luar negeri


18. Pengembangan energi alternatif harus ....... agar kebutuhan manusia akan energi dapat tetap terpenuhi. 

a. diselidiki

b. dihentikan

c. dilanjutkan

d. ditinjau ulang


19. Salah satu cara untuk menghemat bahan bakar minyak adalah ...

a. berjalan kaki untuk berpergian jauh

d. jalan kaki/naik sepeda saat disuruh orang tua membeli gula di warung di sekitar rumah

c. selalu naik mobil ke sekolah

d. berjalan kaki ke sekolah yang jaraknya 5 Km agar lebih sehat


20. Berikut ini merupakan kewajiban kita terhadap lingkungan adalah ...

a. menikmati segarnya lingkungan hidup

b. memetik bunga di taman

c. mendapatkan pasokan air yang bersih dan sehat

d. merawat tumbuhan di sekitar tempat tinggal

Monday, September 06, 2021

LISTENING TEST FOR FRADE 4

 Here is the listening test for grade 4 of elementary school.

there are two sections. the first is about part of body, and the second is about family.

make sure that you listen to the text carefully in order to answer the question correctly.

Here we go!!

SECTION 1, PART OF BODY

this record is for number 1 to 10


Question:

1. mouth is for ...

    a. smelling

    b. eating

    c. listening

    d. hearing

2. legs are for ...

    a. chewing

    b. eating

    c. tasting

    d. walking

3. nose is for ...

    a. smelling

    b. hearing

    c. seeing

    d. running

4. ears are for ...

    a. listening

    b. cooking

    c. watching

    d. reading

5. andi wears hat on his ...

    a. hand

    b. foot

    c. head

    d. stomach

6. jonathan kicks the ball with his ...

    a. feet

    b. fingers

    c. head

    d. mouth

7. halimah and rani taste the food with their ...

    a. ear

    b. nose

    c. eyes

    d. tongue

8. we wear glasses on our ...

    a. ankle

    b. knee

    c. eyes

    d. brain

9. the part of our body in head is ...

    a. ears

    b. fingers

    c. toes

    d. shoulders

10. S-T-O-M-A-C-H. it will be ...

    a. stomach

    b. neck

    c. shoulder

    d. wrist


SECTION 2, FAMILY

this record is for number 11 to 20

SECTION 2

Question:

11. the writer's name is ...

12. Mr. Hidayat is writer's ...

13. how old is the writer?

14. how old is Kurnia?

15. Raditya's uncle is ...

16. Mr. Mukmin and Mrs. Sariyah is Mr. Hiayat's ...

17. Raditya is Mr. Sanjaya's ...

18. Rita and Indah are Raditya's ...

19. Mrs. Zubaidah is Mr. Mukmin's ...

20. Raditya is Mr. Mukmin and Mrs. Sariyah's ...


Do your best!!!

Tuesday, August 03, 2021

Contoh Teks Khitobah lomba MAPSI Tema Pelaksanaan Ibadah di Masa Pandemi Covid-19

Bismillaahirrohmaanirrohiim

Pergi ke Mekkah melihat ka’bah

Untuk tunaikan ibadah haji

Kalau ingin hidupmu berkah

Jawab dengan ikhlas salamku ini


Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokaatuh (menunggu dijawab, diulangi kalau kurang).

Bismillaahirrohmaanirrohiim. Alhamdulillaahirobbil alamiin. Assholaatu wassalaamu ‘alaa asyrofil anbiyaaai wal mursaliin. Asyhaduallaa ilaa haillallaah. Wa asyhaduannamuhammadarrousuululloh. Allaahumma sholli wasallim ‘alaa sayyidinaa muhammadiwwa’alaa aalihii washohbihii ajma’iin. Amma ba’du.

Yang terhormat, segenap dewan juri (membungkuk)

Serta yang saya sayangi, teman-teman peserta lomba MAPSI cabang khitobah yang insya allah sholih dan sholikhah. Allahumma … (aamiin)

Alhamdulillaahirobbil ‘aalamiin. Segala puji bagi Allah, dzat yang maha segala-galanya, yang telah memberikan banyak nikmat kepada kita termasuk didalamnya adalah nikmat sehat dan nikmat sempat, sehingga kita masih bisa bersilaturahmi walaupun secara virtual dalam suasana yang menggembirakan. Alhamdulillaahirobbilaalaamiin.

Allahumma sholli’alaa sayyidinaamuhammad. Sholawat beserta salam, tidak lupa kita sanjungkan kepada baginda rosul, sang pelita umat islam, sang pembawa risalah kebenaran, idola kita semua, nabi agung Muhammad SAW, beserta keluarga, sahabat, tabi’in, tabiit tabi’in, yang mudah-mudahan syafaatnya bisa menolong kita dari jilatan api neraka, dan bisa membimbing kita kepada surganya Allah. Aamiin, Ya robbal ….(menunggu dijawab, diulangi kalau perlu)

Bapak ibu dewan juri, dan teman-teman yang disayang Allah, pada kesempatan ini, perkenankanlah saya untuk menyampaikan uraian hikmah tentang pelaksanaan ibadah di masa pandemi.

Hari ini, kita semua masih dihadapkan pada sebuah keadaan, dimana wabah virus yang sudah melanda negara kita tercinta, Indonesia, sejak awal tahun 2020 masih belum juga menunjukkan tanda-tanda akan berhenti. Hal ini memberikan dampak dan perubahan yang luar biasa terhadap tata cara dan kebiasaan hidup kita semua, tidak terkecuali dalam urusan ibadah.

Teman-teman yang saya sayangi, dahulu, kita bebas bertemu untuk silaturahmi, kita bebas berjabat tangan, kita bebas memeluk saudara-saudara kita, dan kita bebas beribadah di masjid kita. Tetapi sekarang, kita sejenak harus menunda itu semua. Silaturahmi akan lebih aman dengan virtual (whatsapp, telepon, atau video call), berjabat tangan tanpa bersentuhan, menjaga jarak dengan orang lain termasuk saudara-saudara kita, dan menjalankan sholat di rumah dengan keluarga kita.

Hadirin rokhimakumullah, pemerintah membatasi kita untuk beribadah di masjid bukan tanpa alasan. Ini adalah salah satu bentuk ikhtiar kita untuk menekan semakin meningkatnya penularan covid-19. Kita masih bisa beribadah di rumah. Secara hukum fiqih, melaksanakan ibadah di rumah tetap sah, dan tetap mempunyai nilai pahala, bahkan jika diniatkan untuk menghindari kerusakan (mafsadah), seperti penularan virus, maka kita akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Kita semua harus paham, bahwa islam sangat intens, spirit islam sangat tinggi dalam memutus segala bentuk kerusakan. (dar’ul mafasid muqaddamun ‘ala jalbil mashalih), mencegah kerusakan lebih diutamakan daripada mengambil kemanfaatannya. Oleh karena itu, walaupun dilakukan di rumah, ibadah kita akan terasa lebih bermakna dan lebih sempurna bila diiringi dengan semangat “jihad sosial” yang kuat.

Teman-temanku, rohimakumullah.

Yang selanjutnya adalah, kita harus membantu program pemerintah dalam menghentikan penularan virus corona ini. Apakah kita bisa? Tentu saja bisa. Bagaimana caranya? Apakah dengan hus hus hus, corona, sana pergi. Begitu? Tentu saja tidak. Kita bisa membantu program pemerintah ini dengan cara mengikuti imbauannya. Teman-teman tahu kan firman Allah SWT dalam surat An-Nisa ayat 59.

Audubillaahiminassyaitoonirrojiim bismillaahirrohmaanirrohiim

Yaa ayyuhalladziina aamanuu atiiullooha waatiiurrosuula wuulilamri minkum.

Yang artinya: wahai orang-orang yang beriman, taatilah allah dan taatilah rosul, dan para pemimpin di kalangan kalian.

Kalau pemerintah sudah menganjurkan “kamu sholatnya di rumah saja ya, biar tidak menularkan atau ketularan virus” , maka kita tinggal melaksanakan anjuran tersebut, toh niatnya baik, dan sesuai dengan Al-Qur’an.

Teman-teman yang disayang Allah,

Yang terakhir, saya mengajak teman-teman semua untuk menghindari virus ini dengan mengikuti anjuran pemerintah. Jangan keras kepala, dan jangan egois! Pencapaian besar biasanya dilahirkan dari pengorbanan yang besar dan tidak pernah dari hasil egoisme

“great achievement is usually born of great sacrifice, and is never the result of selfishness” 

Hadirin, rohimakumullah.

Sebelum saya akhiri uraian singkat ini, saya akan menyimpulkan apa yang sudah saya sampaikan. Karena virus ini masih ada, dan semakin banyak, mari kita ikuti anjuran pemerintah. Beribadah di rumah saja. Terapkan protokol kesehatan, mencuci tangan, memakai masker, dan menjauhi kerumunan. Kita tingkatkan AMAN, IMUN DAN IMAN!

Demikian uraian singkat dari saya, semoga yang sedikit ini bisa memberikan manfaat bagi kita semua, dan dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Akhirul kalam,

Subhaanakallaahumma wabihamdika asyhadu allaa ilaaha illaa Anta astaghfiruka wa atuubu ilaiik.

Wallahul muwaffiq ila aqwamithaariq,,,

Wassalamu alaikum warohmatullahi wabarokaatuh

Thursday, July 15, 2021

Contoh Teks Khitobah lomba MAPSI Tema Anak yang Sholih

 Bismillaahirrohmaanirrohiim

Pergi ke Mekkah melihat ka’bah

Untuk tunaikan ibadah haji

Kalau ingin hidupmu berkah

Jawab dengan ikhlas salamku ini

 

Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokaatuh (menunggu dijawab, diulangi kalau kurang).

Bismillaahirrohmaanirrohiim. Alhamdulillaahirobbil alamiin. Assholaatu wassalaamu ‘alaa asyrofil anbiyaaai wal mursaliin. Asyhaduallaa ilaa haillallaah. Wa asyhaduannamuhammadarrousuululloh. Allaahumma sholli wasallim ‘alaa sayyidinaa muhammadiwwa’alaa aalihii washohbihii ajma’iin. Amma ba’du.

Yang terhormat, segenap dewan juri (membungkuk)

Serta yang saya sayangi, teman-teman peserta lomba MAPSI cabang khitobah yang insya allah sholih dan sholikhah. Allahumma … (aamiin)

 Alhamdulillaahirobbil ‘aalamiin. Segala puji bagi Allah, dzat yang maha segala-galanya, yang telah memberikan banyak nikmat kepada kita termasuk didalamnya adalah nikmat sehat dan nikmat sempat, sehingga kita masih bisa bersilaturahmi walaupun secara virtual dalam suasana yang menggembirakan. Alhamdulillaahirobbilaalaamiin.

 Sholawat beserta salam, tidak lupa kita sanjungkan kepada baginda rosul, nabi agung Muhammad SAW, beserta keluarga, sahabat, tabi’in, tabiit tabi’in, yang mudah-mudahan syafaatnya bisa menolong kita dari jilatan api neraka, dan bisa membimbing kita kepada surganya Allah. Aamiin, Ya robbal ….(menunggu dijawab, diulangi kalau perlu)

 Teman-teman yang disayang Allah, pada kesempatan ini, ijinkan saya untuk menyampaikan uraian hikmah tentang pelaksanaan ibadah di masa pandemi.

Hari ini, kita semua masih dihadapkan pada sebuah keadaan, dimana wabah virus yang sudah melanda negara kita tercinta, Indonesia, sejak awal tahun 2020 masih belum juga menunjukkan tanda-tanda akan berhenti. Hal ini memberikan dampak dan perubahan yang luar biasa terhadap tata cara dan kebiasaan hidup kita semua, tidak terkecuali dalam urusan ibadah.

 Teman-teman yang saya sayangi, dahulu, kita bebas bertemu untuk silaturahmi, kita bebas berjabat tangan, kita bebas memeluk saudara-saudara kita, dan kita bebas beribadah di masjid kita. Tetapi sekarang, kita sejenak harus menunda itu semua. Silaturahmi akan lebih aman dengan virtual, berjabat tangan tanpa bersentuhan, menjaga jarak dengan orang lain termasuk saudara-saudara kita, dan menjalankan sholat di rumah dengan keluarga kita.

 Sebelumnya, saya ingin bertanya dulu kepada teman-teman semua. Tolong dijawab ya..

Siapa yang ingin jadi anak sholih? (menunggu dijawab, menuju kedepan kiri)

Siapa yang ingin jadi anak sholikhah? (menunggu dijawab, menuju kedepan kanan)

Kenapa kok kita harus jadi anak yang sholih dan sholikhah?, karena kita akan bahagia di dunia dan juga di akhirat.

Begini teman-teman, kalau hidup kita hanya bahagia di dunia saja, maka celakalah kita. Begitupun sebaliknya, jika hidup kita hanya bahagia di akhirat saja, maka sengsaralah kita di dunia. Lalu bagaimana sebaiknya?, yang paling baik adalah sa’idun fiddunya wa sa’idun fil akhiroh.. Kita tidak hanya hidup bahagia di dunia, tetapi juga bahagia di akhirat. Siapa yang mau seperti itu??? Jangan sampai kita menjadi orang yang paling celaka. Siapa dia? Yaitu orang yang saqiyyun fiddunya wa saqiyyun fil akhiroh, orang yang celaka di dunia dan juga celaka di akhirat. Nah siapa sekarang yang mau menjadi seperti itu??, pasti tidak ada ya…

Nah, sekarang akan saya beritahu caranya agar kita semua bisa selamat dunia dan juga akhirat.

Yang pertama teman-teman, adalah, taat pada allah dan rosulullah. Definisi taat itu apa?, taat adalah menjalankan perintah allah dan menjauhi larangan-Nya. Bentuk ketaatan ini harus kita laksanakan dengan ikhlas. Jangan kemudian sholatnya rajin, tapi karena diberi uang. Atau belajar, tetapi karena dipaksa oleh orang tua, dan lain-lain.

 Teman-temanku, rohimakumullah.

Yang kedua, untuk bisa bahagia fiddunya wal akhiroh adalah kita harus taat kepada orang tua dan guru.

Bapak/ ibu kita, adalah dua orang yang wajib kita patuhi, wajib kita hormati, dan wajib kita do’akan. Bagaimana caranya menghormati bapak kita?, apakah dengan seperti ini?,(memperagakan) bapak, hormat grak… bukan. Lalu bagaimana?, Yaitu dengan menuruti perintahnya, mengikuti aturannya, serta tidak lupa untuk selalu mendoakannya. Ayo teman-teman, kita ucapkan doa untuk kedua orang tua kita. Mari bersama-sama: robbighfirli waliwalidayya warhamhuma kamaa robbayaani soghiiroo. Ya allah, ampunilah dosa kami, dan ampunilah dosa kedua orang  tua kami. Sayangilah mereka sebagaimana mereka menyayangi kami selagi kami masih kecil.

 Lalu teman-teman, anak yang sholih juga mentaati gurunya. Guru adalah orang tua yang ada di sekolah. Guru adalah mereka yang mentransfer ilmunya kepada kita. Semua orang yang berhasil dan sukses sekarang, tidak lepas dari bimbingan mereka. Ada sebuah ungkapan yang bagus sekali. Begini bunyinya: if the teachers ever ask rewards fit with all their hard work, we will be run out of medals. Jika para guru meminta penghargaan yang sesuai atas jasa-jasa mereka, maka kita akan kehabisan medali. Artinya adalah, apa yang kita punya tidak akan cukup untuk membalas apa yang telah guru berikan untuk kita. Maka dari itu, teman-teman, sederhana saja, Kalau ada PR, maka kerjakanlah, kalau bapak guru kita minta tolong, maka bantulah, tolonglah. Insya allah hidup kita akan menjadi berkah.

 Hadirin, dan teman-teman yang disayang Allah.

Yang terakhir, anak yang sholih adalah mereka yang selalu belajar dan berusaha untuk taat kepada para pemimpin.

Allah SWT berfirman dalam surat An-Nisa ayat 59.

Audubillaahiminassyaitoonirrojiim bismillaahirrohmaanirrohiim

Yaa ayyuhalladziina aamanuu atiiullooha waatiiurrosuula wuulilamri minkum.

Yang artinya: wahai orang-orang yang beriman, taatilah allah dan taatilah rosul, dan para pemimpin di kalangan kamu.

Hadirin, rohimakumullah.

Sebelum saya akhiri uraian singkat ini, saya akan menyimpulkan apa yang sudah saya sampaikan. Bahwa untuk menjadi anak yang sholih dan juga sholikhah, ada tiga syarat yang harus dipenuhi.  Yang pertama adalah taat kepada Allah dan rosulnya. Yang kedua taat kepada orang tua dan guru, dan yang ketiga adalah taat kepada para pemimpin.

Demikian uraian singkat dari saya, semoga yang sedikit ini bisa memberikan manfaat bagi kita semua, dan dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

 Akhiru kalam,

Subhaanakallaahumma wabihamdika asyhadu allaa ilaaha illaa Anta astaghfiruka wa atuubu ilaiik.

Wallahul muwaffiq ila aqwamithaariq,,,

Wassalamu alaikum warohmatullahi wabarokaatuh

Tuesday, February 02, 2021

JARING-JARING KUBUS MATEMATIKA KELAS 5

 

Assalamu'alaikum sobat pembaca semua.

Senang berjumpa lagi dengan kalian semua. semoga kita semua senantiasa diberikan kesehatan, sehingga kita bisa melakukan semua yang sudah kita rencanakan dengan sebaik-baiknya.

Pada kesempatan ini kita akan belajar tentang jaring-jaring kubus. ini adalah materi yang ada di kelas 5 untuk mata pelajaran matematika. agar lebih memudahkan kalian semua dalam membaca materi ini, saya tampilkan dalam bentuk gambar. mudah-mudahan bisa bermanfaatya. 

Tetap semangat dalam belajar, semoga kita sukses semuanya...














PERSATUAN DAN KESATUAN PKn KELAS 5

Assalamu'alaikum sobat pembaca semua.

Senang berjumpa lagi dengan kalian semua. semoga kita semua senantiasa diberikan kesehatan, sehingga kita bisa melakukan semua yang sudah kita rencanakan dengan sebaik-baiknya.

Pada kesempatan ini kita akan belajar tentang persatuan dan kesatuan. ini adalah materi yang ada di kelas 5 untuk mata pelajaran PKn. agar lebih memudahkan kalian semua dalam membaca materi ini, saya tampilkan dalam bentuk gambar. mudah-mudahan bisa bermanfaatya. 

Tetap semangat dalam belajar, semoga kita sukses semuanya...
 


 











GAMBAR CERITA SBDP KELAS 5

Assalamu'alaikum sobat pembaca semua.

Senang berjumpa lagi dengan kalian semua. semoga kita semua senantiasa diberikan kesehatan, sehingga kita bisa melakukan semua yang sudah kita rencanakan dengan sebaik-baiknya.

Pada kesempatan ini kita akan belajar tentang gambar cerita. ini adalah materi yang ada di kelas 5 untuk mata pelajaran SBdP. agar lebih memudahkan kalian semua dalam membaca materi ini, saya tampilkan dalam bentuk gambar. mudah-mudahan bisa bermanfaatya. 

Tetap semangat dalam belajar, semoga kita sukses semuanya...










TANGGA NADA PENTATONIS MATERI SBDP UNTUK KELAS 5 SD

Assalamu'alaikum sobat pembaca semua. 

Senang berjumpa lagi dengan kalian semua. semoga kita semua senantiasa diberikan kesehatan, sehingga kita bisa melakukan semua yang sudah kita rencanakan dengan sebaik-baiknya.

Pada kesempatan ini kita akan belajar tentang tangga nada pentatonis. ini adalah materi yang ada di kelas 5 untuk mata pelajaran SBdP. agar lebih memudahkan kalian semua dalam membaca materi ini, saya tampilkan dalam bentuk gambar. mudah-mudahan bisa bermanfaat dan bisa menjadi tambahan bahan belajar untuk kalian semua.

Tetap semangat dalam belajar, semoga kalian semua sukses...











Wednesday, November 11, 2020

SINAU AKSARA JAWA, PASANGAN, SANDHANGAN



Assalamualaikum, sobat pembaca.

Bahasa jawa adalah salah satu muatan lokal pelajaran di provinsi jawa tengah. Setiap sekolah yang berada di wilayah jawa tengah diharuskan untuk membelajarkan pelajaran ini kepada siswa-siswi semuanya.

Sebagai bahasa daerah di jawa tengah, seharusnya bahasa jawa tidak mejadi masalah, namun kenyataannya tidak demikian. Siswa-siswi di sekolah kebanyakan merasakan materi pembelajaran bahasa jawa sebagai materi yang sulit untuk dipahami, begitupun dengan praktiknya. Bahasa jawa dirasakan jauh lebih sulit dibandingkan dengan pelajaran-pelajaran bahasa yang lain seperti bahasa indonesia, bahasa inggris, dan lain sebagainya.

salah satu bab dalam bahasa jawa yang menjadi momok oleh siswa adalah bab tentang aksara jawa. Maka dari itu, penulis mencoba untuk mengantarkan pembaca semua, untuk mempelajari aksara jawa ini dengan baik, dimulai dari bagian yang paling dasar, yaitu menghafal aksara, menghafal pasangan aksara, menghafal sandhangan. Setelah semuanya bisa dikuasai, baru silakan sobat pembaca bisa berlatih untuk menulis dan membaca aksara jawa dalam bentuk kata, kalimat, maupun paragraf yang agak panjang.

Penulis menyiapkan 2 cara dalam mempelajari aksara jawa ini, yang pertama menghafal, setelah itu latihan membaca. silakan coba untuk mengerjakan latihan membaca kalimat ber-aksara jawa tersebut.
Akhirnya, semoga apa yang penulis tampilkan di sini bisa sedikit membantu pembaca semua dalam mempelajari bahasa jawa, khususnya membaca aksara jawa.

SEMANGAT!

 

Wacanen ukara ing ngisor iki!

 

1. ꦱꦸꦭꦱ꧀ꦠꦿꦶꦲꦶꦏꦸꦥꦸꦠꦿꦤꦺꦥꦏ꧀ꦗꦺꦴꦏꦺꦴ =

 

2. ꦧꦺꦴꦕꦃꦱꦽꦒꦼꦥ꧀ꦱꦶꦤꦲꦸ =


3. ꦥꦏ꧀ꦥꦲꦶꦗꦺꦴꦝꦲꦂꦱꦠꦺꦮꦼꦝꦸꦱ꧀ =


4. ꦧꦺꦴꦕꦃꦲꦶꦏꦸꦗꦼꦤꦼꦔꦺꦱꦠꦿꦶꦲꦮꦶꦗꦪ =


5. ꦮꦭꦶꦏꦼꦭꦱ꧀ꦏꦸꦲꦱ꧀ꦩꦤꦺꦥꦏ꧀ꦥꦩꦸꦁꦏꦱ꧀ =


6. ꦱꦼꦏꦺꦴꦭꦃꦏꦸꦭꦥꦔꦤ꧀ꦤꦺꦲꦩ꧀ꦧꦧꦔꦼꦠ꧀ =


7. ꦮꦪꦃꦏꦺꦴꦫꦺꦴꦤꦏꦸꦢꦸꦗꦒꦏꦼꦱꦺꦲꦠꦤ꧀ =


8. ꦱꦸꦭꦱ꧀ꦠꦿꦶꦲꦶꦏꦸꦥꦸꦠꦿꦤꦺꦥꦏ꧀ꦗꦺꦴꦏꦺꦴ =


9. ꦮꦼꦂꦏꦸꦢꦫꦲꦶꦏꦸꦥꦸꦠꦿꦤꦺꦝꦺꦮꦶꦏꦸꦤ꧀ꦠꦶ =


10. ꦱꦼꦤꦗꦤ꧀ꦭꦶꦧꦸꦂꦏꦸꦢꦸꦠꦼꦠꦼꦥ꧀ꦱꦶꦤꦲꦸꦱꦸꦥꦪꦥꦶꦤ꧀ꦠꦼꦂ =

 

Sekian yang bisa penulis bagikan kali ini.

Perbanyak latihan, karena semakin banyak latihan, kalian akan semakin bisa.

Kritik dan saran penulis harapkan dari sobat pembaca semua.

Terima kasih.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.