Tuesday, April 28, 2020

SOAL BAHASA INDONESIA KELAS 5 TEMA 9 SUBTEMA 2

Assalamu'alaikum anak-anak dan sobat pembaca yang budiman.
Puji syukur, alhamdulillah, kita masih diberikan kesehatan sehingga masih bisa beraktifitas seperti biasanya.
kita sudah sampai di subtema 2 tema 9 untuk kelas 5. Kali ini kita akan belajar kompetensi dasar bahasa indonesia untuk kelas 5. materi yang akan kita pelajari masih berkutat dengan iklan, jadi sebelum mengerjakan latihan di bawah nanti, silakan dibaca terlebih dahulu materinya yang ada di buku paket tema kalian.
Selain bentuk soal seperti yang ada di bawah ini, anak-anak dan sobat pembaca juga bisa mengerjakan melalui google form yang kami sediakan di ujung bawah artikel pembelajaran ini.
Selamat belajar, semoga sukses!

Kerjakan soal-soal di bawah ini dengan cara menyilang (x) pada jawaban yang benar!

1. Iklan elektronik terdiri dari beragam jenis. di bawah ini yang termasuk iklan elektronik adalah .....
a. baliho
b. billboard
c. booklet
d. spanduk

2. radio adalah media yang mengandalkan indera pendengaran untuk menyapa pendengarnya, oleh karena itu radio disebut media .....
a. visual
b. adaptif
c. atraktif
d. auditif

3. perbedaan mendasar antara iklan televisi dan iklan internet adalah .....
a. iklan televisi hanya berupa gambar, iklan internet berupa gambar dan suara
b. iklan televisi harus di dalam jaringan (online), iklan internet tidak harus di dalam jaringan (online)
c. iklan televisi bisa di luar jaringan (offline), iklan internet harus di dalam jaringan (online)
d. iklan televisi hanya bisa di luar jaringan (offline), iklan internet hanya bisa di luar jaringan (offline)

4. televisi adalah alat elektronik yang bisa menampilkan gambar serta memperdengarkan suara, oleh karena itu televisi disebut sebagai media .....
a. audio-visual
b. visual-atraktif
c. audio-atraktif
d. visual-informatif

5. iklan di radio merupakan kombinasi dari .....
a. bunyi, kata-kata, gambar
b. gambar, efek suara, bunyi
c. efek suara, gambar, kata-kata
d. bunyi, efek suara, kata-kata

6. unsur iklan dimana iklan hendaknya mencakup cara untuk menggerakkan keinginan konsumen disebut .....
a. unsur tindakan
b. unsur minat
c. unsur keinginan
d. unsur perhatian

7. beberapa ciri bahasa iklan berikut ini yang sebaiknya digunakana adalah, kecuali .....
a. menarik, logis
b. mampu mempengaruhi
c. diulang berkali-kali
d. menonjolkan informasi yang penting

8. pak jumadi dan soni sedang menonton televisi. ada sebuah iklan yang ditayangkan yaitu pesan untuk membuang sampah pada tempatnya. jenis iklan pada kasus tersebut adalah .....
a. politik
b. produk
c. layanan masyarakat
d. kecantikan

9. iklan yang tidak termasuk iklan tentang suatu produk, yaitu .....
a. sabun mandi
b. sepeda motor
c. semen
d. partai politik

10. kalimat sugesti yang bisa digunakan untuk iklan produk pasta gigi adalah .....
a. mengandung kalsium untuk menguatkan gigi
b. manisnya jadikan harimu lebih indah
c. harga murah, bisa COD, bebas ongkir
d. pedasnya mantap, pilih levelmu!


Untuk mengerjakan melalui google form dan mengetahui hasilnya, silakan bisa klik Di Sini
Terima kasih, sampai jumpa di latihan soal berikutnya...

0 komentar:

Post a Comment