Sunday, April 05, 2020

SOAL TEMATIK KELAS 4 TEMA 8 SUBTEMA 3

Assalamu'alaikum sobat pembaca.
Bagaimana soal untuk tema 8 subtema 2? apakah sudah selesai mengerjakannya? kalau sudah selesai, bagaimana hasilnya? tentu memuaskan bukan?
Kalau sudah memuaskan, mari kita lanjutkan ke tema 8 subtema 3 ya.
Masih sama, dengan 50 soal latihan pilihan ganda, semoga kalian semua sobat pembaca juga bisa menyelesaikannya dengan baik.
Selamat mengerjakan :)

1. Gerakan mendorong atau menarik yang menyebabkan benda bergerak disebut ...

a.       Energi
b.      Tenaga
c.       Gaya
d.      Tarikan
2. Peristiwa bus dari melaju kemudian berhenti merupakan contoh pengaruh gaya terhadap gerak benda, yakni ...
a.       Gaya dapat mempengaruhi benda diam menjadi bergerak
b.      Gaya dapat mempengaruhi benda bergerak menjadi diam
c.       Gaya dapat mempengaruhi benda bergerak lebih cepat atau lebih lambat
d.      Gaya dapat mempengaruhi arah gerak suatu benda
3. Peristiwa membuka dan menutup pintu merupakan contoh pengaruh gaya terhadap gerak benda, yakni ...
a.       Gaya dapat mempengaruhi benda diam menjadi bergerak
b.      Gaya dapat mempengaruhi benda bergerak menjadi diam
c.       Gaya dapat mempengaruhi benda bergerak lebih cepat atau lebih lambat
d.      Gaya dapat mempengaruhi arah gerak suatu benda
4. Vita bermain bola dengan melambungkan bola ke atas, lalu memukul bola ke depan merupakan contoh pengaruh gaya terhadap gerak benda, yakni ...
a.       Gaya dapat mempengaruhi benda diam menjadi bergerak
b.      Gaya dapat mempengaruhi benda bergerak menjadi diam
c.       Gaya dapat mempengaruhi benda bergerak lebih cepat atau lebih lambat
d.      Gaya dapat mempengaruhi perubahan arah gerak suatu benda
5. Siswa kelas satu SD Islam Tunas Harapan bermain plastisin dengan membuat berbagai bentuk buah-buahan, merupakan contoh pengaruh gaya terhadap gerak benda, yakni ...
a.       Gaya dapat mempengaruhi benda diam menjadi bergerak
b.      Gaya dapat mempengaruhi benda bergerak menjadi diam
c.       Gaya mempengaruhi bentuk benda
d.      Gaya dapat mempengaruhi arah gerak suatu benda
6. Tokoh utama dalam cerita "Angsa dan Telur Emas" adalah ...
a.       Angsa
b.      Petani
c.       Peternak
d.      Pedagang
7. Dalam cerita "Angsa dan Telur Emas", tokoh utama menjual telor angsanya setiap ...
a.       Pagi
b.      Siang
c.       Sore
d.      Malam
8. Sifat tokoh utama dalam cerita "Angsa dan Telur Emas" adalah ...
a.       Penyayang
b.      Dermawan
c.       Penolong
d.      Tamak
9. Dalam cerita "Angsa dan Telur Emas", angsa bertelur setiap hari .......... butir.
a.       Satu
b.      Dua
c.       Tiga
d.      Empat
10. Akhir dari cerita "Angsa dan Telur Emas" adalah ...
a.       Petani kaya raya
b.      Angsa mati
c.       Telur Emas berubah menjadi batu
d.      Petani meninggal
11. Karya seni yang memiliki dua sisi yakni sisi panjang dan lebar, sehingga tidak mempunyai ruang karena tidak mempunyai unsur kekebalan disebut karya seni rupa ...
a.       Dua demensi
b.      Tiga demensi
c.       Ukiran
d.      Pahat
12. Karya seni yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi, serta memiliki volume disebut karya seni rupa ...
a.       Dua demensi
b.      Tiga demensi
c.       Ukiran
d.      Pahat
13. Yang bukan merupakan contoh benda tiga demensi adalah ...
a.       Vas bunga
b.      Guci
c.       Lukisan
d.      Lampu hias
14. Buah naga, batu gunung, batu granit, pohon mangga merupakan contoh ...
a.       Benda kubistis
b.      Benda silinder
c.       Benda bebas
d.      Benda alam
15. Guji, teko, gelas, botol, merupakan contoh ...
a.       kubistis
b.      silinder
c.       Benda bebas
d.      Benda alam
16. Meja, kursi, almari, kotak tisu, merupakan contoh ...
a.       Benda kubistis
b.      Benda silinder
c.       Benda bebas
d.      Benda alam
17. Cerita "Aladin dan Lampu Ajaib" berasal dari ...
a.       Arab Saudi
b.      Irak
c.       Iran
d.      Pakistan
18. Merupakan pesan moral dari cerita "Aladin dan Lampu Ajaib" kecuali ...
a.       Jadilah anak yang baik
b.      lakukanlah yang terbaik untuk orang tua
c.       Bekerja keras untuk mendapatkan uang sebanyak-banyaknya
d.      Jadilah anak yang pemberani
19. Hubungan gaya dan gerak pada peristiwa bermain ketapel adalah ...
a.       Gaya tarik menarik
b.      Gaya tarik dan gaya pegas
c.       Gaya gesek
d.      Gaya dorong
20. Hubungan gaya dan gerak pada peristiwa membuat gerabah adalah ...
a.       Gaya tarik menarik
b.      Gaya tarik dan gaya pegas
c.       Gaya merubah bentuk
d.      Gaya dorong
21. Orang yang memnggambarkan suatu peristiwa dalam sebuah cerita yang diperankan di sebut....
a.       Pedagang
b.      Tokoh
c.       Pelayan
d.      Nelayan
22. Para tokoh cerita memiliki peranan masing-masing diantaranya tokoh utama dan tokoh...
a.       Pembantu
b.      Pembeli
c.       Pelayan
d.      Pedagang
23. Tokoh yang memiliki peranan penting dalam suatu cerita di sebut....
a.       Tokoh Pembantu
b.      Tokoh Pembeli
c.       Tokoh Pelayan
d.      Tokoh utama
24. Tokoh yang memiliki peranan tidak penting dalam suatu cerita di sebut....
a.       Tokoh Pembantu
b.      Tokoh Pembeli
c.       Tokoh Pelayan
d.      Tokoh utama
25. Tokoh yang memiliki watak baik sehingga disenangi dan dikagumi pembaca di sebut....
a.       Tokoh Pentagonis
b.      Tokoh Pentatonis
c.       Tokoh Protagonis
d.      Tokoh Antagonis
26. Tokoh yang tidak disenangi pembaca karena perannya tidak sesuai yang didambakan pembaca di sebut....
a.       Tokoh Pentagonis
b.      Tokoh Pentatonis
c.       Tokoh Protagonis
d.      Tokoh Antagonis
27. Indonesia di kenal sebagai negara agraris maka mayoritas pekerjaan masyarakatnya sebagai....
a.       Petani
b.      Perkantoran
c.       Nelayan
d.      Polisi
28. Semua kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya disebut....
a.       Kegiatan Ekonomi
b.      Kegiatan Presentasi
c.       Kegiatan Sosialisasi
d.      Kegiatan Sensasi
29. Petani menghasilkan padi, Nelayan menghasilkan ikan, peternak menghasilkan daging, ini merupakan contoh kegiatan....
a.       Menghasilkan Tenaga
b.      Menghasilkan Jasa
c.       Menghasilkan Barang
d.      Menghasilkan Ilmu
30. Pekerjaan sebagai Guru, Dokter, Perawat, Polisi dan Seniman ini merupakan contoh kegiatan....
a.       Menghasilkan Tenaga
b.      Menghasilkan Jasa
c.       Menghasilkan Barang
d.      Menghasilkan Ilmu
31. Gajah Mada adalah seorang Patih dari kerajaan ...
a.       Singasari
b.      Sriwijaya
c.       Majapahit
d.      Mataram
32. Cita-cita untuk mempersatukan Nusantara dicetuskan oleh Gajah Mada yang terkenal dengan sebutan ...
a.       Sumpah Pallawa
b.      Sumpah Palapa
c.       Sumpah Prajurit
d.      Sumpah Sakti
33. Cerita "Cinde Laras" merupakan cerita rakyat dari...
a.       Jawa Timur
b.      Jawa Tengah
c.       Yogjakarta
d.      Jawa Barat
34. Tokoh utama dalam cerita "Cinde Laras" adalah ...
a.       Cinde Laras
b.      Raden Putra
c.       Permaisuri
d.      Selir
 35. Di bawah ini merupakan tokoh pembantu dalam cerita "Cinde Laras" . kecuali ...
a.       Selir
b.      Raden Putra
c.       Permaisuri
d.      Cinde Laras
36. Tokoh antagonis dalam cerita "Cinde Laras" adalah ...
a.       Cinde Laras
b.      Selir
c.       Permaisuri
d.      Raden Putra
37. Tokoh yang tidak disenangi pembaca karena perannya menjadi penyebab timbulnya konflik dan ketegangan dalam cerita disebut tokoh ...
a.       Figuran
b.      Protagonis
c.       Antagonis
d.      Pembantu
38. Sikap toleransi antar masyarakat dapat ditunjukkan dengan sikap di bawah ini, kecuali ...
a.       Sikap saling menghormati perbedaan yang ada.
b.      Tolong menolong tanpa mempermasalahkan perbedaan yang ads
c.       Menjunjung tinggi kepentingan bersama
d.      Menonjolkan jati diri suku masing-masing
39. Berikut ini merupakan keragaman karakteristik individu dalam masyarakat terutama dalam kegiatan ekonomi, kecuali ...
a.       Menumbuhkan sikap nasionalisme
b.      Menciptakan identitas bangsa di mata internasional
c.       Menumbuhkan sikap kedaerahan
d.      Sebagai ikon wisata
40. Keragaman karakteristik masyarakat Indonesia akan memperkaya khasanah budaya bangsa. Khasanah budaya memberikan nilai keunikan dan keindahan tersendiri sehingga mampu menarik wisatawan mancanegara untuk mempelajarinya.
Deskripsi di atas merupakan definisi dari ...
a.       Alat pemersatu bangsa
b.      Menciptakan identitas bangsa di mata internasional
c.       Menambah pendapatan nasional
d.      Sebagai ikon wisata
41. Sungguh indah keberagaman budaya bangsa Indonesia terutama karakteristik pakaian adatnya, sehingga membuat kita semakin... .
a.       Benci terhadap tanah air Indonesia
b.      Bangga terhadap tanah air Indonesia
c.       Biasa-biasa saja terhadap tanah air Indonesia
d.      Marah terhadap tanah air Indonesia
42. Karakteristik pakaian adat daerah di Indonesia merupakan salah satu sarana untuk ............persatuan dan kesatuan bangsa.
a.       Memecah belah
b.      Menyalahkan
c.       Menyinggung
d.      Mempererat
43. Karakteristik pakaian adat daerah di Indonesia merupakan salah satu sarana untuk mempererat persatuan dan kesatuan bangsa karena pakaian adat daerah menjadi.......
a.       Akar budaya nasional
b.      Pohon budaya nasional
c.       Batang budaya nasional
d.      Ranting budaya nasional
44. Karakteristik pakaian adat daerah yang menjadi akar budaya nasioanal menjadi.....di mata internasional.
a.       Insentitas bangsa
b.      Identitas bangsa
c.       Idola bangsa
d.      Inisial bangsa
45. Tempat rekreasi di Jakarta yang menunjukan contoh bangunan-bangunan miniatur rumah adat daerah adalah....
a.       Taman Bogor
b.      Taman Selecta
c.       Taman Bandunga
d.      Taman Mini Indonesia
46. Langkah-langkah dalam menggambar benda - benda tiga dimensi kecuali.....
a.       Menyiapkan alat dan bahan untuk menggambar
b.      Membuat sketsa gambar
c.       Menghapus gambar sketsa
d.      Memperjelas gambar sketsa
47. Dalam pembuatan maket pada tugas-tugas pembelajaran biasanya menggunakan jenis karya....
a.       Satu dimensi
b.      Dua dimensi
c.       Tiga dimensi
d.      Empat dimensi
48. Dalam pembuatan maket pada tugas-tugas pembelajaran yang berbentuk rumah dengan cara menggunting dan menempel biasanya menggunakan jenis bahan dari.......
a.       Kayu
b.      Kertas
c.       Lilin
d.      Plastisin
49. Dalam pembuatan maket pada tugas-tugas pembelajaran yang berbentuk binatang dengan cara membentuk biasanya menggunakan jenis bahan dari.......
a.       Kayu
b.      Kertas
c.       Kaleng
d.      Plastisin
50. Dalam pembuatan maket pada tugas-tugas pembelajaran yang berbentuk meja dan kursi dengan cara digergaji biasanya menggunakan jenis bahan dari.....
a.       Kayu
b.      Kertas
c.       Kaleng
d.      Plastisin

Apabila sobat pembaca ingin mengunduh soal diatas, silakan klik Di Sini

4 komentar:

Post a Comment