Tuesday, May 19, 2020

LATIHAN SOAL PAT / UKK TEMA 9 KELAS 5


Tema 9                : Benda-benda di Sekitar Kita
Mata pelajaran    : PKn, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, SBdP
Kelas                   : V (lima)

Kompetensi mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)

1. Memupuk persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari dapat dilakukan dengan cara ...
a. ikut serta membersihkan lingkungan
b. memusuhi tetangga yang berbeda agama
c. membesuk teman yang kaya saja
d. melakukan ronda malam hanya jika diabsen

2. masyarakat desa karangrejo saling bahu-membahu menyelesaikan perbaikan jalan yang rusak. sikap yang tercermin pada peristiwa tersebut adalah ...
a. adil makmur
b. kesetiaan
c. pengorbanan
d. gotong-royong

3. salah satu akibat dari kegiatan ronda malam yang tidak dilakukan dengan rutin adalah ...
a. masyarakat akan hidup nyaman
b. lingkungan menjadi tidak aman
c. terciptanya suasana yang kondusif
d. meningkatnya kerukunan warga

4. semboyan bangsa indonesia tentang keberagaman budaya adalah ...
a. rastra sewakottama
b. jalesveva jayamahe
c. bhinneka tunggal ika
d. swa buwana paksa

5. menjaga persatuan dan kesatuan di lingkungan masyarakat merupakan tanggung jawab ...
a. seluruh warga
b. ketua RW
c. keluarga
d. pak lurah

6. lambang pancasila sila ke-3 ditunjukkan dengan gambar ...
a. rantai emas
b. pohon beringin
c. kepala banteng
d. padi dan kapas

7. salah satu perilaku yang mencerminkan persatuan dan kesatuan di lingkungan sekolah adalah ...
a. mengajak teman untuk membolos
b. bekerjasama saat ulangan umum
c. melaksanakan jum'at bersih
d. mencuri di kantin

8. adinda membantu teman yang kesulitan memahami soal saat tambahan pelajaran berlangsung. perilaku adinda mencerminkan persatuan dan kesatuan di lingkungan ...

9. makan bersama di ruang makan merupakan pencerminan persatuan dan kesatuan di lingkungan ...

10. sebagai seorang warga negara indonesia yang baik, bagaimanakah cara membina hidup rukun antar umat beragama?

Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (BI)

1. perhatikan iklan berikut!
pembuatan iklan di atas bertujuan mengajak masyarakat untuk ...
a. mematikan lampu
b. hemat energi
c. hemat lampu
d. hemat biaya

2. perhatikan iklan berikut!
isi atau pesan dari iklan di atas adalah ...
a. hemat air
b. menutup keran
c. keran yang hemat air
d. boros air

3. perhatikan iklan berikut!
kalimat iklan yang sesuai dengan iklan di atas adalah ...
a. sepatu starwork harga murah, pas di hati, nyaman di kaki
b. sepatu starwork harga murah meriah, cocok pria berdasi
c. sepatu starwork kedap air, awet, tanpa bahan pengawet
d. sepatu starwork enak dipakai, enak pula rasanya

4. perhatikan iklan berikut!
pesan yang terkandung dalam iklan di atas adalah ...
a. agar bisa lulus dengan baik, siswa harus rajin belajar dan pergi ke dukun
b. dalam belajar, siswa harus sungguh-sungguh, teliti, dan tidak boleh mencontek
c. agar bisa lulus harus rajin belajar, teliti, percaya diri, dan tidak mencontek
d. mencontek dan pergi ke dukun adalah perbuatan yang sangat tidak terpuji

5. salah satu ciri iklan yang dimuat di media elektronik adalah ...
a. kalimatnya panjang supaya jelas
b. memiliki durasi waktu yang singkat
c. memiliki durasi waktu yang panjang
d. harga produk harus murah

6. cara memahami isi iklan di media televisi yaitu ...
a. mendengarkan informasi yang disampaikan dengan seksama
b. melihat, mendengarkan, dan membaca yang disampaikan
c. mendengarkan dan membaca yang disampaikan
d. melihat dan membaca yang disampaikan

7. perhatikan iklan berikut!
kalimat efektif sesuai gambar iklan tersebut adalah ...
a. buku tulis hello cici adalah buku tulis termurah
b. dengan buku tulis hello cici, tulisan anda pasti rapi indah sekali
c. buku tulis hello cici, berkualitas, murah, dan banyak pilihan warna
d. hello cici buku tulis idaman siswa masa kini, siswa berprestasi

8. perhatikan gambar untuk menjawab soal nomor 8 dan 9!
makna kalimat dalam iklan layanan masyarakat di atas adalah ...

9. kalimat imbauan yang sesuai dengan gambar adalah ...

10. perhatikan gambar!
buatlah iklan layanan masyarakat sesuai gambar di atas!

Kompetensi Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

1. udara, air, dan tanah termasuk contoh ...
a. senyawa
b. materi
c. unsur
d. massa

2. zat tunggal yang tidak dapat diuraikan lagi menjadi zat yang lebih sederhana disebut ...
a. materi
b. campuran
c. senyawa
d. unsur

3. perhatikan data berikut:
(1) emas
(2) sirup
(3) udara
(4) kapur
yang termasuk zat tunggal adalah ...
a. 1 dan 4
b. 2 dan 3
c. 1 dan 2
d. 3 dan 4

4. yang termasuk ciri campuan homogen adalah ...
a. bening dan tembus pandang
b. keruh dan tidak tembus pandang
c. terdiri dari dua unsur senyawa
d. campuran tidak dapat menyatu

5. perhatikan data berikut:
(1) perak
(2) bijih emas
(3) nitrogen
(4) hidrogen
yang termasuk unsur nonlogam adalah ...
a. 1 dan 2
b. 1 dan 4
c. 3 dan 4
d. 2 dan 3

6. zat tunggal disebut juga zat ...
a. terlarut
b. pelarut
c. padat
d. murni

7. sebelum berangkat sekolah, ferry minum segelas susu cokelat. susu cokelat merupakan campuran ...
a. tunggal
b. heterogen
c. homogen
d. ganda

8. campuran yang zat-zat penyusunnya dapat tercampur sempurna disebut ...

9. senyawa tidak dapat diuraikan secara fisika, tetapi dapat diuraikan secara ...

10. sebutkan 3 sifat-sifat campuran homogen!

Kompetensi Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

1. letak geografis indonesia berada di ...
a. antara benua afrika dan asia dan antara samudera indonesia dan pasifik
b. antara benua asia dan australia dan antara samudera indonesia dan pasifik
c. antara benua asia dan australia dan antara samudera pasifik dan hindia
d. antara benua asia dan afrika dan antara samudera indonesia dan antartika

2. brebes merupakan daerah di jawa tengah yang memiliki daya penghasil komoditi yang menjanjikan di samping juga objek wisata yang menarik, seperti agrowisata besaran di jatibarang brebes yang memungkinkan penduduk sekitar memanfaatkan menjadikan lapangan kerja untuk mata pencahariannya. sebagian besar penduduk disana bermata pencaharian sebagai ...
a. petani bawang, pembuat telur asin, dan pedagang asongan
b. petani bawang, pembuat telur asin, dan pemandu wisata
c. petani bawang, pembuat telur asin, dan peternak itik
d. petani bawang, pembuat telur asin, dan penjual souvenir

3. sungai terpanjang di pulau sumatera adalah ...
a. asahan
b. batanghari
c. siak
d. musi

4. padang rumput alami yang baik untuk peternakan umumnya terdapat di daerah ...
a. nusa tenggara timur
b. jawa barat
c. sumatera selatan
d. kalimantan timur

5. perhatikan data pekerjaan dan hasil berikut ini:
(1) peternak    : telur, daging, dan bulu
(2) nelayan    : ikan, mutiara, dan barang tambang
(3) pengrajin    : kerajinan
(4) penyelam    : tiram, rumput laut
dari data di atas, yang benar ada pada nomor ...
a. 1,3,4
b. 1,2,4
c. 2,3,4
d. 1,2,3

6. surat berharga sebagai tanda keikutertaan menanamkan modal dalam perusahaan disebut ...
a. premi
b. sertifikat
c. saham
d. polis

7. berikutini yang merupakan kegiatan distribusi adalah ...
a. menanam durian
b. mengangkut hasil pertanian
c. memakai sepatu
d. membuat tempe kedelai

8. orang yang pekerjaannya mendampingi pengemudi pesawat terbang di sebut ...

9. dalam dunia perdagangan, menjual barang ke luar negeri disebut ...

10. sebutkan 4 (empat) badan uaha yang dimiliki pemerintah!

Kompetensi Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP)

1. nada-nada pokok pada tangga nada minor yang belum mendapat nada sisipan disebut tangga nada minor ...
a. asli
b. diatonis
c. harmonis
d. melodis

2. tangga nada yang mempunyai dua jarak tangga nada, yaitu satu dan setengah disebut ...
a. tangga nada dinamis
b. tangga nada diatonis
c. tangga nada pentatonis
d. tangga nada ritmis

3. perhatikan data tari dan asal daerahnya berikut ini!
(1) gambyong - jawa tengah
(2) kecak papua
(3) kipas - sulawesi selatan
(4) tor-tor - aceh
pasangan tari dan asal daerah yanng benar ditunjukkan angka ...
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 3
d. 2 dan 4

4. perhatikan!
(1) keranjang
(2) kalung
(3) patung
(4) poster
yang merupakan karya seni tiga dimensi ditunjukkan oleh nomor ...
a. 1,2,3
b. 1,2,4
c. 1,3,4
d. 2,3,4

5. perhatikan gambar berikut!
motif batik pada gambar tersebut berasal dari daerah ...
a. bandung
b. cirebon
c. surakarta
d. semarang

6. perhatikan!
(1) mengeringkan kain
(2) menyiapkan alat dan bahan
(3) membuka ikatan
(4) mencelupkan kain ke dalam pewarna
(5) mengikat kain dengan karet
urutan langkah pembuatan batik motif jumputan yang tepat yaitu ...
a. 2-1-3-4-5
b. 2-5-3-4-1
c. 2-5-4-3-1
d. 2-5-4-1-3

7. ulos adalah karya seni rupa yang berasal dari daerah ...
a. banten
b. jepara
c. maluku
d. medan

8. pola lantai yang membentuk angka 6 merupakan hasil pengembangan garis ...

9. ciri batik pesisir cenderung berwarna ...

10. sebutkan 3 cara membuat motif batik dalam bentuk klise!

0 komentar:

Post a Comment