Saturday, May 02, 2020

SOAL BAHASA INGGRIS KELAS 5 - OCCUPATIONS


Assalamu'alaikum.
How is everything going?
Before you do the exercise, please open your handbook (buku paket) page 102- 108.
Study and Read all the page carefully! The point is how to use "prefer and would rather". (jika prefer maka sesudahnya di tambah "to +verb". tetapi jika would rather sesudahnya ditambah "verb" saja).
Good luck.........

Choose the correct answer by crossing a, b, c, or d!

1. I want to teach all my students in the class. So, I want to be a .....
a. student
b. teacher
c. chef
d. headmaster

2. I want to design buildings, So, I prefer to be a ..... rather than doctor.
a. secretary
b. security
c. fashion designer
d. architect

3. M y father goes to court and defends people's rights. He is a .....
a. lawyer
b. secretary
c. policeman
d. soldier

4. I want to put out the fires. So, I'd rather be a .....
a. lawyer
b. fireman
c. policeman
d. soldier

5. I ..... to swim in the swimming pool than beach.
a. prefer to
b. prefer
c. would
d. would rather

6. I ..... to study English than Javanese.
a. prefer to
b. prefer
c. would
d. would rather

7. I ..... ride a bike than a motorcycle.
a. rather
b. prefer
c. would
d. would rather

8. I ..... drink ice tea than orange juice.
a. prefer to
b. prefer
c. would
d. would rather

9. I ..... rather stay at home than go to park.
a. prefer to
b. prefer
c. would
d. would rather

10.I would ..... be a singer than a dancer.
a. prefer to
b. prefer
c. rather
d. would rather

If you want to know the score you get, please do the exercise through google form Here

See you...

Friday, May 01, 2020

SOAL SBdP KELAS 5 TEMA 9 SUBTEMA 2

Assalamu'alaikum anak-anak dan sobat pembaca.
Hari ini kita akan fokus belajar pada satu kompetensi dasar SBdP yang terdapat dalam tema 9 subtema 2.
Materi pada subtema 2 ini masih akan membicarakan tentang pola lantai.
Baca terlebih dahulu materinya di buku paket tema agar kalian semua bisa mengerjakan semua soal ini dengan baik.

Kerjakan soal-soal di bawah ini dengan cara menyilang (x) pada jawaban yang benar!

1. Agar tarian tidak monoton, maka para penari mengubah formasinya yang disebut juga ....
A. Gerakan tari
B. Kostum tari
C. Pola Lantai
D. Properti tari

2. Pola lantai pada dasarnya ada dua yaitu pola lantai .... dan pola lantai ....
A. Horisontal, vertikal
B. Lurus, lengkung
C. Lurus, melingkar
D. Lengkung, zig zag

3. Penari berbaris membentuk garis menyudut ke kanan dan ke kiri disebut pola lantai ....
A. Vertikal
B. Diagonal
C. Melengkung
D. Horisontal

4. Pola lantai vertikal atau lurus adalah ....
A. Penari berbaris membentuk garis menyudut ke kanan dan ke kiri
B. Penari membentuk garis lingkaran
C. Penari membentuk garis lurus dari depan ke belakang atau sebaliknya
D. Penari membentuk setengah lingkaran

5. Pola lantai lingkaran, ular, angka delapan adalah pengembangan pola lantai ....
A. Vertikal
B. Diagonal
C. Lengkung
D. Horisontal

6. Pola lantai zig zag adalah pengembangan pola lantai ....
A. Vertikal
B. Diagonal
C. Lengkung
D. Horisontal

7. Berikut adalah pola lantai ....

A. Lurus
B. Diagonal
C. Lengkung
D. Zig zag

8. Tarian di bawah ini berpola lantai ....

A. Lurus
B. Diagonal
C. Lingkaran
D. Zig zag

9. Tari yang berasal dari Bali adalah ....
A. Saman
B. Bedhaya Ketawang
C. Perang
D. Legong

10. Tari Saman dari Aceh berpola lantai ....
A. Lurus
B. Diagonal
C. Horizontal
D. Zig zag


Untuk dapat langsung mengetahui hasil dari kalian mengerjakan contoh soal di atas, silakan bisa klik Di Sini

Sampai jumpa di latihan soal berikutnya!!!

Wednesday, April 29, 2020

SOAL MATEMATIKA KELAS 5 BAB PENYAJIAN DATA

Assalamu'alaikum anak-anak dan sobat pembaca.
Masih ingat latihan beberapa waktu yang lalu tentang diagram lingkaran? atau tentang penyajian data tunggal? atau tentang penyajian data dalam gambar?
Kali ini kita akan melanjutkan materi matematika untuk kelas 5 dengan materi pembelajaran penyajian data dalam bentuk gambar. dibaca kembali buku materinya, kemudian coba untuk mengerjakan latihan yang ada di bawah ini. ada format lain juga dalam pengerjaan soal di bawah dengan menggunakan google form.
Tetap semangat belajarnya!!!

Kerjakan doal-soal di bawah ini dengan menyilang (x) pada jawaban yang benar!

1. Nama lain dari diagram gambar adalah...
a. Pantograf
b. Piktogram
c. Plikograf
d. Pikagram

Berikut Hasil Panen Beras di Desa Suka Tani ( Untuk Mengerjakan Soal No 2-5)!
2. Hasil Panen Desa Suka Tani pada Tahun 2017 adalah
a. 90 Ton
b. 100 Ton
c. 110 Ton
d. 120 Ton

3. Hasil Panen terbanyak ada di Tahun...
a. 2017
b. 2018
c. 2019
d. 2020

4. Hasil Panen 90 Ton ada pada Tahun....
a. 2017
b. 2018
c. 2019
d. 2020

5. Berikut pernyataan yang tepat berdasarkan diagram gambar diatas adalah...
a. Hasil Panen terbanyak ada di Tahun 2019
b. Hasil Panen Tersedikit ada pada Tahun 2020
c. Hasil Panen di Tahun 2019 memiliki kesamaan panen pada Tahun 2018
d. Hasil Panen 2017 dan 2020 sama

Berikut data tentang banyak batang kelapa sawit dari 6 petak. Untuk menjawab soal no 6-10
6. Petak yang memiliki pohon paling banyak adalah...
a. Kedua
b. Ketiga
c. Kelima
d. Keenam

7. Selisih pohon pada petak keempat dan kelima adalah...
a. 3000
b. 4000
c. 5000
d. 6000

8. Petak yang memiliki pohon tersedikit adalah...
a. Pertama
b. Kedua
c. Keempat
d. Kelima

9. Jumlah pohon kelapa sawit seluruhnya adalah...
a. 32.000
b. 33.000
c. 34.000
d. 35.000

10. Pernyataan yang belum tepat dengan Diagram Gambar diatas adalah...
a. pohon terbanyak ada di petak 6
b. Pohon di petak 3 ada 4.000 batang
c. Pohon tersedikit ada di petak 4
d. Jumlah seluruh pohon sawit ada 35. 000 batang


Silakan kerjakan Di Sini untuk bisa langsung mengetahui hasilnya.
Sampai jumpa di latihan-latihan berikutnya.

SOAL IPA KELAS 5 TEMA 9 SUBTEMA 2

Assalamu'alaikum anak-anak dan sobat pembaca.
Mari kita lanjutkan pembelajaran kita untuk kompetensi dasar IPA tema 9 subtema 2.
Di bagian ini, kita masih akan belajar tentang zat tunggal, campuran, materi, unsur, dan senyawa.
Jika kita tidak betul-betul memahami, bisa jadi ini adalah materi yang akan sangat sulit. maka dari itu, silakan dipahami, dibaca dengan seksama materi yang ada di buku paket kalian, setelah itu baru coba mengerjakan latihan yang ada di bawah ini.
Semoga sukses!

Kerjakan soal-soal di bawah ini dengan cara menyilang (x) pada jawaban yang benar!

1. setiap objek atau segala sesuatu yang menempati ruang dan mempunyai massa disebut .....
a. zat
b. materi
c. campuran homogen
d. campuran heterogen

2. pada dasarnya, materi yang terdiri dari banyak jenis dikelompokkan menjadi seperti berikut, kecuali .....
a. molekul
b. padat
c. cair
d. gas

3. zat murni adalah zat yang komponen penyusunnya hanya satu zat atau materi, maka zat ini disebut .....
a. zat campuran
b. molekul
c. campuran homogen
d. zat tunggal

4. Larutan Gula Garam (oralit) merupakan contoh dari .....
a. zat tunggal
b. senyawa
c. campuran homogen
d. campuran heterogen

5. perhatikan data berikut ini!
1) air mineral
2) es jeruk nipis
3) air kopi panas
4) segelas teh manis
5) es rumput laut
berdasarkan data di atas, yang termasuk ke dalam campuran heterogen adalah .....
a. 1 dan 2
b. 2 dan 3
c. 3 dan 4
d. 4 dan 5

6. berikut di bawah ini yang termasuk campuran homogen adalah .....
a. air + sirup
b. air + kopi
c. air + tanah
d. air + jeruk nipis

7. zat tunggal terdiri dari dua macam. zat tunggal yang terbentuk dari beberapa unsur disebut .....
a. unsur
b. materi
c. campuran heterogen
d. senyawa

8. contoh dari senyawa adalah air, karena air merupakan gabungan dari dua unsur yaitu ..... dan .....
a. helium dan oksigen
b. hidrogen dan nitrogen
c. hidrogen dan oksigen
d. helium dan nitrogen

9. unsur dibedakan menjadi dua jenis, yaitu unsur logam dan unsur nonlogam. berikut di bawah ini yang bukan contoh dari unsur nonlogam adalah .....
a. oksigen
b. karbon
c. hidrogen
d. platina

10. wedang ronde baik diminum karena berguna bagi tubuh untuk menjaga kekebalan. wedang ronde adalah contoh dari .....
a. campuran homogen
b. campuran heterogen
c. senyawa
d. unsur


Mengerjakan melalui google form untuk langsung mendapatkan nilainya Di Sini

Sampai jumpa di latihan soal berikutnya!!!
 😉😉😉

Tuesday, April 28, 2020

SOAL BAHASA INDONESIA KELAS 5 TEMA 9 SUBTEMA 2

Assalamu'alaikum anak-anak dan sobat pembaca yang budiman.
Puji syukur, alhamdulillah, kita masih diberikan kesehatan sehingga masih bisa beraktifitas seperti biasanya.
kita sudah sampai di subtema 2 tema 9 untuk kelas 5. Kali ini kita akan belajar kompetensi dasar bahasa indonesia untuk kelas 5. materi yang akan kita pelajari masih berkutat dengan iklan, jadi sebelum mengerjakan latihan di bawah nanti, silakan dibaca terlebih dahulu materinya yang ada di buku paket tema kalian.
Selain bentuk soal seperti yang ada di bawah ini, anak-anak dan sobat pembaca juga bisa mengerjakan melalui google form yang kami sediakan di ujung bawah artikel pembelajaran ini.
Selamat belajar, semoga sukses!

Kerjakan soal-soal di bawah ini dengan cara menyilang (x) pada jawaban yang benar!

1. Iklan elektronik terdiri dari beragam jenis. di bawah ini yang termasuk iklan elektronik adalah .....
a. baliho
b. billboard
c. booklet
d. spanduk

2. radio adalah media yang mengandalkan indera pendengaran untuk menyapa pendengarnya, oleh karena itu radio disebut media .....
a. visual
b. adaptif
c. atraktif
d. auditif

3. perbedaan mendasar antara iklan televisi dan iklan internet adalah .....
a. iklan televisi hanya berupa gambar, iklan internet berupa gambar dan suara
b. iklan televisi harus di dalam jaringan (online), iklan internet tidak harus di dalam jaringan (online)
c. iklan televisi bisa di luar jaringan (offline), iklan internet harus di dalam jaringan (online)
d. iklan televisi hanya bisa di luar jaringan (offline), iklan internet hanya bisa di luar jaringan (offline)

4. televisi adalah alat elektronik yang bisa menampilkan gambar serta memperdengarkan suara, oleh karena itu televisi disebut sebagai media .....
a. audio-visual
b. visual-atraktif
c. audio-atraktif
d. visual-informatif

5. iklan di radio merupakan kombinasi dari .....
a. bunyi, kata-kata, gambar
b. gambar, efek suara, bunyi
c. efek suara, gambar, kata-kata
d. bunyi, efek suara, kata-kata

6. unsur iklan dimana iklan hendaknya mencakup cara untuk menggerakkan keinginan konsumen disebut .....
a. unsur tindakan
b. unsur minat
c. unsur keinginan
d. unsur perhatian

7. beberapa ciri bahasa iklan berikut ini yang sebaiknya digunakana adalah, kecuali .....
a. menarik, logis
b. mampu mempengaruhi
c. diulang berkali-kali
d. menonjolkan informasi yang penting

8. pak jumadi dan soni sedang menonton televisi. ada sebuah iklan yang ditayangkan yaitu pesan untuk membuang sampah pada tempatnya. jenis iklan pada kasus tersebut adalah .....
a. politik
b. produk
c. layanan masyarakat
d. kecantikan

9. iklan yang tidak termasuk iklan tentang suatu produk, yaitu .....
a. sabun mandi
b. sepeda motor
c. semen
d. partai politik

10. kalimat sugesti yang bisa digunakan untuk iklan produk pasta gigi adalah .....
a. mengandung kalsium untuk menguatkan gigi
b. manisnya jadikan harimu lebih indah
c. harga murah, bisa COD, bebas ongkir
d. pedasnya mantap, pilih levelmu!


Untuk mengerjakan melalui google form dan mengetahui hasilnya, silakan bisa klik Di Sini
Terima kasih, sampai jumpa di latihan soal berikutnya...

Monday, April 27, 2020

Manfaatkan Rebahan untuk Menghasilkan Uang

Rebahan adalah istilah yang popularitasnya meroket sejak wabah Covid-19 terjadi belakangan ini. kegiatan yang dahulu dimaknai dengan kegiatan bermalas-malasan, kegiatan berupa tiduran, yang hampir tidak ada manfaat, sekarang justru cenderung bersifat positif, bahkan sangat dianjurkan untuk dilaksanakan.

Nah, kali ini akan saya bagikan tips, agar kegiatan rebahan ini betul-betul menjadi kegiatan yang bermanfaat, dan seperti yang tertulis pada judul, yaitu kegiatan yang bisa menghasilkan uang.

Lah, bagaimana caranya rebahan bisa menghasilkan uang? berapa modalnya?

Baik, saya jelaskan.
Di dunia international network atau internet, ada banyak sekali cara untuk bisa menghasilkan uang. beberapa diantaranya yang sangat umum adalah berjualan, monetisasi blog, advertising, aplikasi, survey, dan lain-lain.

Di bagian ini kita akan fokus berbicara tentang survey saja. garis besarnya begini "kita akan diberi tugas untuk mengerjakan survey, setelah itu kita dibayar". semudah itukah? jawabannya adalah iya. dan kita tidak perlu khawatir, bentuk soalnya sangat sederhana, terkadang hanya jawaban iya dan tidak saja.

Lalu modalnya berapa? jawabannya adalah modal uang 0 rupiah, alias tanpa modal uang. kita hanya perlu modal kuota saja untuk akses internet, dan juga email aktif untuk mendaftar.

Ada beberapa website survey yang punya reputasi baik yang akan saya bagikan, dan tentu saja saya sudah coba terlebih dahulu.

1. Ipanel Online
iPanel adalah perusahaan sampel profesional online untuk mengumpulkan survei pasar. di ipanel, setiap survey yang kita selesaikan, kita akan diberikan poin dari 1 sampai dengan 2000. Ketika kita registrasi saja, kita sudah langsung mendapatkan 1000 poin. Ketika poin kita sudah mencapai 10.000, kita berhak menukar dengan uang sebesar Rp 100.000. Peluang untuk mengumpulkan poin semakin banyak manakala kita bisa berhasil menyelesaikan banyak survey dan bisa mengundang teman untuk berpartisipasi.
untuk memulai silakan siapkan email aktif dan daftar DI SINI

sementara ini poin yang saya kumpulkan adalah 2487, terdiri dari 1178 poin aktif dan 1309 poin sedang diaudit.

Ayo segera BERGABUNG, dan mulai kumpulkan poinnya!!!

2. Viewfruit Indonesia
Viewfruit juga merupakan perusahaan sampel profesional. untuk viewfruit, kita bisa mencairkan poin kita ketika sudah mencapai 2500 yang setara dengan 5 US Dollar atau sekitar Rp 75.000. viewfruitterbilang cukup sering dalam memberikan tugas-tugas survey kepada kita, sehingga kita tidak terlalu membutuhkan waktu lama untuk bisa withdraw. menyenangkan bukan?
Untuk memulai mengumpulkan pundi-pundi uang dengan menggunakan viewfruit, klik Di Sini
Poin yang saya dapatkan sementara dari viewfruit adalah 1200 poin. sebentar lagi withdraw 😁
Jangan lupa, siapkan email-nya, dan segera daftar!!!

Nusa research juga bukan perusahaan yang tidak patut diperhitungkan. sudah banyak member yang bergabung disana, dan kebanyakan memberikan penilaian yang baik. untuk nusa research sendiri, kita membutuhkan 1000 poin untuk bisa ditukarkan dengan Rp 50.000. tidak terlalu lama untuk bisa tukar uang. pengalaman saya 3 hari bergabung dengan nusa research sudah mendapatkan 117 poin. lumayan bukan?
untuk bergabung dengan Nusa Research silakan klik Di Sini

4. MOBROG
Website survey berikutnya adalah mobrog. kebanyakan dari survey disini dihargai 0.3 US Dollar atau setara dengan Rp 5000. lumayan untuk mengisi waktu luang. bayangkan jika dalam satu hari kita bisa mendapatkan 4 sampai lima survey. tidak perlu berkeringat, sambil rebahan, koin pun mengalir. Saya baru saja bergabung dengan mobrog dan mendapatkan 0.68 dollar.

Silakan teman-teman yang berminat bergabung bisa daftar Di Sini


Mungkin itu dulu yang saya bagikan untuk sobat pembaca semua, sekali lagi, sifatnya adalah spend your leisure time, mengisi waktu luang. daripada digunakan hanya untuk bersosial media yang tidak menghasilkan, lebih baik gunakan smartphone dan waktu luang kita untuk sesuatu yang menghasilkan. Jangan mengharapkan untuk bisa menghasilkan dengan cepat karena tidak ada satupun yang instan kecuali mie.

cukup ya, kalau sobat pembaca menemukan kesulitan silakan bisa comment di bawah, atau menghubungi kontak yang ada di blog ini.

Salam rebahan, salam sukses!!!!

Tuesday, April 21, 2020

SOAL BAHASA JAWA KELAS 3


Assalamu'alaikum anak-anak lan sobat pembaca.
piye kabare dina iki?, isih padha semangat ya.
dina iki awake dhewe arep sinau bahasa jawa babagan tembung krama, tembung kang padha tegese, lan aksara jawa.
sakurunge mangsuli pitakon ana ing ngisor iki, wacanen ndhisik materine ana ing LKS lan buku paket materi.
pungkasane, sugeng nggarap tugas.
tetep semangat, semoga kasile bisa apik.


Wangsulana pitakon-pitakon ing ngisor iki kanthi nyilang ana ing a, b, c, utawa d!

1. kang ora kalebu tembang macapat yaiku .....
a. kinanthi
b. gambuh
c. sinom
d. padhang wulan

2. guru lagune tembang pocung yaiku .....
a. u-a-u-a
b. u-a-i-a
c. u-i-u-a
d. u-a-a-u

3. watake tembang pocung yaiku .....
a. kekancan
b. asmara
c. geguyon
d. kelangan

4. tulisan ing ngisor iki wacane?



 a. aja pada rana
b. aja padha rana
c. aji aja rana
d. aja lunga rana

5. pak darman nembe kondur seka magelang, dene aku nembe ..... saka bal-balan.
a. mulih
b. mangan
c. tuku
d. lara

6. tembung "rikat" nduweni teges .....
a. lara banget
b. seneng banget
c. cepet banget
d. alon-alon

7. ukara ing ngisor iki diwaca .....




a. mala agi sinau
b. lala lagi sinau
c. maya lagi sinau
d. maya agi sinau

8. ukara ing ngisor iki diwaca .....






 a. tata mangan galar
b. tita menyang pasar
c. tati menyang pasar
d. tita nyasar pasar

9. basa kramane nulis yaiku .....
a. nyerat
b. ngocap
c. nyisir
d. nyikep

10. pak guru tindak sekolah numpak montor mega pro. tembung numpak kudune diganti .....
a. dhahar
b. nitih
c. rawuh
d. nunggang

kanggo anak-anak sing arep nggarap mawa google form supaya langsung ngerti kasil nilaine, langsung klik wae ning Kene

Monday, April 20, 2020

SOAL BAHASA INGGRIS KELAS 5 - AT THE RESTAURANT

Assalamu'alaikum.

Hi guys, how is everything going? everything is gonna be okay, isn't it?

have you breakfast? what is your menu? what food and beverage do you order? how much is it?

yeah, that is the material you will get today. we are going to talk about at the restaurant.

before you do this exercise, please read your handbook first, on page 82.

finally, good luck for you.


Choose the correct answer by crossing a, b, c, or d!


1. He cooks some meals at the restaurants. He is a ..............
a. chef
b. waiter
c. security
d. manager

2. Do you have some orange juice ? Yes, ....................
a. I don't have
b. I do
c. I have
d. I like

3. I have .................potatoes in my refrigerator.
a. much
b. one
c. many
d. zero

4. waiter : Can I help you, Madam? Mrs. Jovita : Yes, .....................
a. I can
b. No,thanks
c. sorry
d. of course

5. Mr. john : How about the taste of meals in my restaurant Madam?
   Mrs. Angel : It's so ............................. I like it.
a. comfortable
b. delicious
c. dangerous
d. famous

6. I want to buy a bowl of chicken soup. How much a bowl of chicken soup? ( Rp 25.000,00)
a. it is fifteen thousand rupiah
b. it is twenty thousand rupiah
c. it is twenty five thousand rupiah
d. it is thirty five thousand rupiah

7. my mother bought me a ....................of fried rice.
a. cup of
b. glass of
c. sack of
d. plate of

8. Adinda: How much is it?
   Seller : It is five hundred thousand rupiahs.
   Adinda : Can I bargain it?
   Seller : No, it is ..................
a. fixed price
b. bargain price
c. high price
d. low price

9. how ................books do you read?
a. much
b. many
c. any
d. some

10.I don't have .......................coffee.
a. some
b. many
c. any
d. much



If you guys want to know the score of the exercise, you can go to this link. do the exercise there by using google form.
Click Here

SOAL BAHASA INDONESIA KELAS 5 TEMA 9 SUBTEMA 1

Assalamu'alaikum anak-anak dan sobat pembaca.
Pada kesempatan ini, penulis akan membagikan latihan soal khusus kompetensi dasar bahasa indonesia yang ada di pelajaran tematik kelas 5 tema 9 subtema 1.
fokus pembelajaran pada kompetensi dasar bahasa indonesia ini adalah tentang iklan, jenis-jenis iklan, syarat iklan yang baik, dan semua yang berhubungan dengan iklan.
semua materi tentang iklan ada di buku paket tema kalian mulai halaman 1 sampai 53.
baca terlebih dahulu sebelum mengerjakan latihan-latihan dibawah ini.
selamat mengerjakan!

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan cara menyilang pada jawaban yang benar!


1. Suatu cara untuk menawarkan atau mempromosikan suatu barang atau jasa disebut ....
A. Poster
B. Iklan
C. Gambar cerita
D. Puisi

2. Tujuan iklan adalah ....
A. Menawarkan barang atau jasa
B. Membaca nyaring
C. Agar terdengar indah
D. Supaya nyaman

3. Iklan dapat disampaikan melalui media berikut kecuali ....
A. Cetak
B. Elektronik
C. Internet
D. Mimpi

4. Berikut yang bukan unsur-unsur iklan ....
A. Gambar yang menarik
B. Kalimat iklan
C. Terdiri dari dua bait
D. Keunggulan produk

5. Informasi apa yang kamu peroleh dari iklan di bawah ini?
A. Pentingnya menjaga kebersihan badan
B. Bahaya merokok bagi kesehatan tubuh kita
C. Manfaat persatuan dan kesatuan
D. Anjuran untuk melakukan 3M

6. Yang bukan unsur-unsur iklan di bawah ini ....

A. Nama produk
B. Kalimat iklan
C. Harga produk
D. Rasa produk

7. Berikut bukan adalah ciri-ciri bahasa iklan ....
A. Isinya objektif, jujur, singkat, jelas, menarik
B. Menggunakan kata konotasi positif
C. Menggunakan bahasa yang memikat
D. Menggunakan kalimat yang panjang dan bertele-tele

8. iklan yang berisi tentang pemberitahuan pada masyarakat disebut iklan ....
A. Kecik
B. Layanan masyarakat
C. Komersial
D. Pribadi

9. Dibawah ini contoh iklan ....

A. Produk
B. Komersil
C. Layanan masyarakat
D. Elektronik

10. Yang termasuk kalimat ajakan dalam iklan ....
A. Harga terjangkau Rp. 19.900
B. Mencuci lebih bersih
C. Ayo cobain serunya oreo yang creamy dan renyah
D. Pesanan dilayani pukul 11.00 -21.00 WIB.



Silakan bisa mengerjakan soal diatas melalui google form untuk mengetahui nilai yang kalian dapatkan.
Klik Di Sini




Saturday, April 18, 2020

Budaya Menyalahkan Juga Terjadi di Wabah Pandemik Corona

Assalamu’alaikum sobat pembaca,
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga tetap dalam keadaan sehat ya.
Disaat seperti sekarang ini, dimana wabah virus yang menjangkiti dunia, termasuk di negara kita, kita dituntut untuk hanya beraktifitas di rumah saja.
Kita lantas mengenal istilah, belajar dari rumah, bekerja dari rumah, beribadah dari rumah, dan serba-serbi lainnya yang dilakukan di rumah. Tetapi semua itu tidak lantas membuat kita menjadi tidak produktif. Kita tetap harus bekerja, kita tetap harus belajar, dan tentu saja kita tetap harus beribadah.
Lebih jauh mengenai wabah ini, saya ingin Kembali menyinggung sedikit masalah yang saya tuliskan di judul dari tulisan ini, budaya menyalahkan juga terjadi di kasus pandemik korona.
Budaya menyalahkan seperti apa yang saya maksud? Perhatikan pernyataan berikut:

Stop penggunaan kata covid-19 (corona virus disease) 19, karena dalam bahasa arab, corona berarti meneruskan. Mulai sekarang pakailah kata qif-19, karena dalam bahasa arab qif artinya adalah berhenti. Yang tidak mau menggunakan kata qif, berarti mereka tidak mau wabah ini berhenti”

Sampai di sini apakah sobat pembaca mengetahui, dimana letak menyalahkan yang saya sebutkan tadi?
Pernyataan itu saya ambil dari sebuah status media sosial dari teman saya sendiri. Ada seperti ketidaksetujuan dari saya Ketika membaca pernyataan tersebut. Saya seperti ingin membantah dari pernyataan tersebut. Tapi apa daya, tidak mampu. Hehehe
Kita lanjutkan, ini adalah pandangan dari saya sendiri, bilamana akhirnya nanti sobat pembaca lebih setuju dengan pernyataan diatas, juga tidak ada masalah. Tapi saya sangat meyaqini bahwa kita semua sepakat semoga wabah ini segera berakhir.

Ayo gek ndang dibahas!!!

Oke oke. Kita mulai.

Kita harus paham dulu asal-muasal penamaan covid-19 ini. Pada awalnya, wabah yang bermula di salah satu kota di china, yaitu wuhan akhir tahun 2019 yang lalu, diberi nama “novel coronavirus pneumonia (NCP)”. Kemudian, WHO, atau organisasi Kesehatan dunia menamainya sebagai “severe acute respiratory syndrome 2019-nCoV”. Yang akhirnya, untuk menghindari referensi ke lokasi geografis tertentu, spesies hewan, atau sekelompok orang, dan menghindari stigmatisasi, WHO memberi nama resmi “corona virus disease 19 (covid-19)”.
Virus corona ditemukan pertama kali pada tahun 1965, atau 55 tahun yang lalu oleh virologi June Almeida. Kata corona sendiri berasal dari bahasa latin “corona” dan bahasa Yunani “korone” yang mempunyai arti dalam bahasa Indonesia yaitu mahkota atau lingkaran cahaya.

Sampai sini Kita sudah dapat poin pertama:
Penggunaan nama corona di kasus covid-19 ini tidak mengambil dari bahasa arab. Apalagi tidak ada Co dalam bahasa arab. Paling dekat ya Ko atau Qo. Namanya adalah corona, bukan korona atau qorona. Jadi tolong, mohon, please, siapapun, tidak perlu sok tahu dengan mengatakan bahwa penamaan virus ini mengambil dari bahasa arab yang berarti meneruskan. Tidak seorangpun yang menginginkan virus ini terus mewabah!

Sudah mulai NGEGASS… hahahahaha
Lanjut ya.

Sudah ada yang membantah ternyata. Berilah nama yang baik, karena nama adalah do’a.
Tak jawab! Lho, corona artinya bagus lho, mahkota, guys. Wkwkwkwkwk

Jangan mengartikan sesuatu sesuai dengan kehendaknya. Kalau semua harus sesuai dengan cara berfikirmu ya bahaya. Nanti tidak ada merek motor honda beat, karena beat artinya pukul, jadi saling pukul, bahaya. Nanti tidak ada merek Suzuki smash, karena smash artinya tabrakan, beli motor artinya tabrakan (ngeri lho). Nanti tidak ada merek mobil Toyota rush, karena rush artinya menyerang, mau beli mobil apa perang?. Dan yang sedang trend, kasihan yang punya mobil merek Toyota corona. Pasti dibenci sekali itu.
Poin yang kedua, tentang budaya menyalahkan, sudah dibahas diatas sebetulnya, bahwa apa yang menjadi keinginan kita, tidak boleh kita paksakan kepada orang lain. Kalau saya suka tempe, masa iya saya akan menyalahkan kamu yang suka tahu? Kalau saya suka mobil Toyota corona masa iya saya akan menyalahkan kamu yang suka honda jazz. Apalagi alasan tidak berdasarmu yang menyebut lebih baik menggunakan qif-19, daripada menggunakan covid-19. It doesn’t make sense, bro. come on!
Ayolah, do’a kita sama, harapan kita sama. Mau covid-19 lah, mau qif-19 lah, terserah. Kita ingin wabah segera berakhir.
Yang mau menggunakan covid-19 silakan dilanjutkan, yang memilih qif-19 silakan diteruskan.
Jangan ada lagi saling menyalahkan diantara kita.
Sudah ya. Semoga Allah melindungi kita, keluarga kita, suadara-saudara kita semua dari penyakit ini.
Mohon maaf.
Terima kasih.