Tuesday, May 19, 2020

LATIHAN SOAL PAT / UKK TEMA 9 KELAS 5


Tema 9                : Benda-benda di Sekitar Kita
Mata pelajaran    : PKn, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, SBdP
Kelas                   : V (lima)

Kompetensi mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)

1. Memupuk persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari dapat dilakukan dengan cara ...
a. ikut serta membersihkan lingkungan
b. memusuhi tetangga yang berbeda agama
c. membesuk teman yang kaya saja
d. melakukan ronda malam hanya jika diabsen

2. masyarakat desa karangrejo saling bahu-membahu menyelesaikan perbaikan jalan yang rusak. sikap yang tercermin pada peristiwa tersebut adalah ...
a. adil makmur
b. kesetiaan
c. pengorbanan
d. gotong-royong

3. salah satu akibat dari kegiatan ronda malam yang tidak dilakukan dengan rutin adalah ...
a. masyarakat akan hidup nyaman
b. lingkungan menjadi tidak aman
c. terciptanya suasana yang kondusif
d. meningkatnya kerukunan warga

4. semboyan bangsa indonesia tentang keberagaman budaya adalah ...
a. rastra sewakottama
b. jalesveva jayamahe
c. bhinneka tunggal ika
d. swa buwana paksa

5. menjaga persatuan dan kesatuan di lingkungan masyarakat merupakan tanggung jawab ...
a. seluruh warga
b. ketua RW
c. keluarga
d. pak lurah

6. lambang pancasila sila ke-3 ditunjukkan dengan gambar ...
a. rantai emas
b. pohon beringin
c. kepala banteng
d. padi dan kapas

7. salah satu perilaku yang mencerminkan persatuan dan kesatuan di lingkungan sekolah adalah ...
a. mengajak teman untuk membolos
b. bekerjasama saat ulangan umum
c. melaksanakan jum'at bersih
d. mencuri di kantin

8. adinda membantu teman yang kesulitan memahami soal saat tambahan pelajaran berlangsung. perilaku adinda mencerminkan persatuan dan kesatuan di lingkungan ...

9. makan bersama di ruang makan merupakan pencerminan persatuan dan kesatuan di lingkungan ...

10. sebagai seorang warga negara indonesia yang baik, bagaimanakah cara membina hidup rukun antar umat beragama?

Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (BI)

1. perhatikan iklan berikut!
pembuatan iklan di atas bertujuan mengajak masyarakat untuk ...
a. mematikan lampu
b. hemat energi
c. hemat lampu
d. hemat biaya

2. perhatikan iklan berikut!
isi atau pesan dari iklan di atas adalah ...
a. hemat air
b. menutup keran
c. keran yang hemat air
d. boros air

3. perhatikan iklan berikut!
kalimat iklan yang sesuai dengan iklan di atas adalah ...
a. sepatu starwork harga murah, pas di hati, nyaman di kaki
b. sepatu starwork harga murah meriah, cocok pria berdasi
c. sepatu starwork kedap air, awet, tanpa bahan pengawet
d. sepatu starwork enak dipakai, enak pula rasanya

4. perhatikan iklan berikut!
pesan yang terkandung dalam iklan di atas adalah ...
a. agar bisa lulus dengan baik, siswa harus rajin belajar dan pergi ke dukun
b. dalam belajar, siswa harus sungguh-sungguh, teliti, dan tidak boleh mencontek
c. agar bisa lulus harus rajin belajar, teliti, percaya diri, dan tidak mencontek
d. mencontek dan pergi ke dukun adalah perbuatan yang sangat tidak terpuji

5. salah satu ciri iklan yang dimuat di media elektronik adalah ...
a. kalimatnya panjang supaya jelas
b. memiliki durasi waktu yang singkat
c. memiliki durasi waktu yang panjang
d. harga produk harus murah

6. cara memahami isi iklan di media televisi yaitu ...
a. mendengarkan informasi yang disampaikan dengan seksama
b. melihat, mendengarkan, dan membaca yang disampaikan
c. mendengarkan dan membaca yang disampaikan
d. melihat dan membaca yang disampaikan

7. perhatikan iklan berikut!
kalimat efektif sesuai gambar iklan tersebut adalah ...
a. buku tulis hello cici adalah buku tulis termurah
b. dengan buku tulis hello cici, tulisan anda pasti rapi indah sekali
c. buku tulis hello cici, berkualitas, murah, dan banyak pilihan warna
d. hello cici buku tulis idaman siswa masa kini, siswa berprestasi

8. perhatikan gambar untuk menjawab soal nomor 8 dan 9!
makna kalimat dalam iklan layanan masyarakat di atas adalah ...

9. kalimat imbauan yang sesuai dengan gambar adalah ...

10. perhatikan gambar!
buatlah iklan layanan masyarakat sesuai gambar di atas!

Kompetensi Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

1. udara, air, dan tanah termasuk contoh ...
a. senyawa
b. materi
c. unsur
d. massa

2. zat tunggal yang tidak dapat diuraikan lagi menjadi zat yang lebih sederhana disebut ...
a. materi
b. campuran
c. senyawa
d. unsur

3. perhatikan data berikut:
(1) emas
(2) sirup
(3) udara
(4) kapur
yang termasuk zat tunggal adalah ...
a. 1 dan 4
b. 2 dan 3
c. 1 dan 2
d. 3 dan 4

4. yang termasuk ciri campuan homogen adalah ...
a. bening dan tembus pandang
b. keruh dan tidak tembus pandang
c. terdiri dari dua unsur senyawa
d. campuran tidak dapat menyatu

5. perhatikan data berikut:
(1) perak
(2) bijih emas
(3) nitrogen
(4) hidrogen
yang termasuk unsur nonlogam adalah ...
a. 1 dan 2
b. 1 dan 4
c. 3 dan 4
d. 2 dan 3

6. zat tunggal disebut juga zat ...
a. terlarut
b. pelarut
c. padat
d. murni

7. sebelum berangkat sekolah, ferry minum segelas susu cokelat. susu cokelat merupakan campuran ...
a. tunggal
b. heterogen
c. homogen
d. ganda

8. campuran yang zat-zat penyusunnya dapat tercampur sempurna disebut ...

9. senyawa tidak dapat diuraikan secara fisika, tetapi dapat diuraikan secara ...

10. sebutkan 3 sifat-sifat campuran homogen!

Kompetensi Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

1. letak geografis indonesia berada di ...
a. antara benua afrika dan asia dan antara samudera indonesia dan pasifik
b. antara benua asia dan australia dan antara samudera indonesia dan pasifik
c. antara benua asia dan australia dan antara samudera pasifik dan hindia
d. antara benua asia dan afrika dan antara samudera indonesia dan antartika

2. brebes merupakan daerah di jawa tengah yang memiliki daya penghasil komoditi yang menjanjikan di samping juga objek wisata yang menarik, seperti agrowisata besaran di jatibarang brebes yang memungkinkan penduduk sekitar memanfaatkan menjadikan lapangan kerja untuk mata pencahariannya. sebagian besar penduduk disana bermata pencaharian sebagai ...
a. petani bawang, pembuat telur asin, dan pedagang asongan
b. petani bawang, pembuat telur asin, dan pemandu wisata
c. petani bawang, pembuat telur asin, dan peternak itik
d. petani bawang, pembuat telur asin, dan penjual souvenir

3. sungai terpanjang di pulau sumatera adalah ...
a. asahan
b. batanghari
c. siak
d. musi

4. padang rumput alami yang baik untuk peternakan umumnya terdapat di daerah ...
a. nusa tenggara timur
b. jawa barat
c. sumatera selatan
d. kalimantan timur

5. perhatikan data pekerjaan dan hasil berikut ini:
(1) peternak    : telur, daging, dan bulu
(2) nelayan    : ikan, mutiara, dan barang tambang
(3) pengrajin    : kerajinan
(4) penyelam    : tiram, rumput laut
dari data di atas, yang benar ada pada nomor ...
a. 1,3,4
b. 1,2,4
c. 2,3,4
d. 1,2,3

6. surat berharga sebagai tanda keikutertaan menanamkan modal dalam perusahaan disebut ...
a. premi
b. sertifikat
c. saham
d. polis

7. berikutini yang merupakan kegiatan distribusi adalah ...
a. menanam durian
b. mengangkut hasil pertanian
c. memakai sepatu
d. membuat tempe kedelai

8. orang yang pekerjaannya mendampingi pengemudi pesawat terbang di sebut ...

9. dalam dunia perdagangan, menjual barang ke luar negeri disebut ...

10. sebutkan 4 (empat) badan uaha yang dimiliki pemerintah!

Kompetensi Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP)

1. nada-nada pokok pada tangga nada minor yang belum mendapat nada sisipan disebut tangga nada minor ...
a. asli
b. diatonis
c. harmonis
d. melodis

2. tangga nada yang mempunyai dua jarak tangga nada, yaitu satu dan setengah disebut ...
a. tangga nada dinamis
b. tangga nada diatonis
c. tangga nada pentatonis
d. tangga nada ritmis

3. perhatikan data tari dan asal daerahnya berikut ini!
(1) gambyong - jawa tengah
(2) kecak papua
(3) kipas - sulawesi selatan
(4) tor-tor - aceh
pasangan tari dan asal daerah yanng benar ditunjukkan angka ...
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 3
d. 2 dan 4

4. perhatikan!
(1) keranjang
(2) kalung
(3) patung
(4) poster
yang merupakan karya seni tiga dimensi ditunjukkan oleh nomor ...
a. 1,2,3
b. 1,2,4
c. 1,3,4
d. 2,3,4

5. perhatikan gambar berikut!
motif batik pada gambar tersebut berasal dari daerah ...
a. bandung
b. cirebon
c. surakarta
d. semarang

6. perhatikan!
(1) mengeringkan kain
(2) menyiapkan alat dan bahan
(3) membuka ikatan
(4) mencelupkan kain ke dalam pewarna
(5) mengikat kain dengan karet
urutan langkah pembuatan batik motif jumputan yang tepat yaitu ...
a. 2-1-3-4-5
b. 2-5-3-4-1
c. 2-5-4-3-1
d. 2-5-4-1-3

7. ulos adalah karya seni rupa yang berasal dari daerah ...
a. banten
b. jepara
c. maluku
d. medan

8. pola lantai yang membentuk angka 6 merupakan hasil pengembangan garis ...

9. ciri batik pesisir cenderung berwarna ...

10. sebutkan 3 cara membuat motif batik dalam bentuk klise!

Sunday, May 17, 2020

LATIHAN SOAL PAT / UKK TEMA 6 KELAS 5

SOAL LATIHAN PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT) ATAU ULANGAN KENAIKAN KELAS (UKK) KELAS 5 TEMATIK TEMA 6

Tema 6                : Panas dan perpindahannya
Mata pelajaran    : PKn, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, SBdP
Kelas                   : V (lima)

Kompetensi mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)

1. perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini:
(1) menaati hukum dan pemerintahan
(2) mempunyai penghidupan yang layak
(3) ikut serta dalam upaya pembelaan negara
(4) menghormati hak asasi manusia orang lain
dari pernyataan-pernyataan diatas, yang merupakan kewajiban sebagai warga negara ditunjukkan oleh nomor ...
a. 1,2,4
b. 1,2,3
c. 1,3,4
d. 2,3,4

2. berikut ini yang merupakan contoh hak warga negara yang sesuai dengan pasal 29 ayat 2 UUD 1945 adalah ...
a. pak ali menganut agama islam dan mengerjakan ibadah sholat
b. pak soni bekerja sebagai pegawai dan mendapatkan gaji bulanan
c. pek eko membuat partai dan mencalonkan diri sebagai gubernur
d. pak ayub seorang karyawan berprestasi dan mendapat penghargaan

3. wajib berperan serta dalam membela, mempertahankan kedaulatan negara indonesia sesuai dengan isi UUD 1945 ...
a. pasal 27 ayat 1
b. pasal 27 ayat 2
c. pasal 30 ayat 1
d. pasal 30 ayat 2

4. perhatikan pernyataan-pernyataan di bawah ini:
(1) mengikuti upacara dengan tertib
(2) mengikuti pelajaran dengan baik
(3) menjaga adik ketika orang tua pergi
(4) memakai seragam sekolah lengkap
dari pernyataan-pernyataan diatas, yang merupakan kewajiban siswa disekolah ditunjukkan oleh nomor ...
a. 1,2,3
b. 1,2,4
c. 1,3,4
d. 2,3,4

5. pemerintah menyediakan banyak fasilitas umum untuk masyarakat. tindakan tepat yang sebaiknya kita lakukan sebagai bagian dari masyarakat adalah ...
a. menggunakan seenaknya agar cepat diganti yang baru
b. mengkritik keras dan meminta yang lebih canggih lagi
c. menghindari pemakaian supaya awet dan tidak rusak
d. memelihara dengan baik dan melaporkan jika rusak

6. hujan yang turun sangat deras membuat halaman sekolah firman dipenuhi dengan air. hal ini disebabkan selokan dan saluran air di sekolah firman tersumbat sampah. yang sebaiknya dilakukan firman dan teman-temannya adalah ...
a. membersihkan selokan dan saluran air
b. bermain air dengan gembira di halaman
c. memarahi penjaga sekolah yang malas
d. melakukan protes kepada guru kelas

7. pak dodi mendapat jadwal ronda malam ini. tindakan yang sebaiknya dilakukan pak dodi adalah ...
a. membuat alasan tertentu kepada pak RT
b. melaksanakan ronda dengan kesadaran
c. berpura-pura lupa karena sibuk bekerja
d. makan dan tifur di pos ronda sampai pagi

8. setiap warga negara memiliki kedudukan yang sama di dalam hukum dan pemerintahan. hal ini sesuai dengan UUD 1945 pasal ... ayat ...

9. bunyi pasal 31 ayat 1 UUD 1945 adalah setiap warga negara berhak mendapatkan ...

10. sebutkan 3 hak warga negara yang sesuai dengan pasal 28 UUD 1945!

Kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia (BI)

perhatikan paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2!
1. kata kunci yang tepat pada paragraf di atas adalah ...
a. energi panas
b. energi matahari
c. energi listrik
d. energi bumi

2. simpulan paragraf di atas adalah ...
a. energi panas merupakan energi kalor yang berasal dari matahari dan dapat berpindah-pindah
b. energi panas diperoleh dari berbagai macam sumber yang dapat berpindah secara konduksi, konveksi, dan radiasi
c. matahari, listrik, api, dan panas bumi merupakan energi panas yang suhunya sangat tinggi
d. energi panas menjadi energi kalor karena memiliki suhu tinggi dan bisa berubah ke suhu yang lebih rendah

perhatikan teks berikut!
3. pertanyaan yang sesuai dengan isi teks di atas adalah ...
a. bagaimanakah cara mengukur suhu di pabrik?
b. apa kegunaan dari termometer yang diisi merkuri?
c. apa nama alat pengukur suhu yang paling umum?
d. mengapa perlu digunakan alat pengukur suhu?

perhatikan bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 4 dan 5!

4. judul yang sesuai dengan bacaan di atas adalah ...
a. energi panas dan suhu
b. perbedaan suhu dan panas
c. termometer dan kalorimeter
d. energi kinetik dan panas

5. kalimat di bawah ini yang tidak sesuai dengan bacaan di atas adalah ...
a. panas (kalor) dan suhu adalah dua hal yang berbeda
b. suhu adalah besaran yang menyatakan derajat panas suatu benda
c. satuan suhu yang digunakan di indonesia adalah termometer
d. satuan panas dinyatakan dalam kalor dan diukur dengan kalorimeter

perhatikan teks di bawah ini!
6. ringkasan teks di atas yang benar adalah ...
a. tempat pelelangan ikan sepi karena para nelayan tidak dapat melaut akibat gelombang laut sedang besar dan cuaca buruk
b. gelombang laut besar membuat para nelayan mudah dalam melaut sehingga memperoleh ikan untuk dilelang
c. para nelayan tidak dapat melaut sehingga mereka tidak punya hasil tangkapan yang bisa dijual
d. gelombang laut yang sedang besar dan cuaca buruk membuat hasil tangkapan nelayan jadi melimpah

perhatikan teks di bawah ini!
7. pernyataan berikut yang sesuai dengan isi teks di atas adalah ...
a. besi mempunyai sifat-sifat yang menguntungkan serta mudah di modifikasi dan tidak mudah korosi
b. besi adalah logam yang pengolahannya sangat sulit karena sangat mudah berkarat
c. besi sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari terutama sebagai bahan peralatan dapur
d. besi merupakan logam yang paling beragam penggunaannya karena pengolahannya relatif mudah dan murah

perhatikan teks di bawah ini untuk menjawab soal nomor 8 dan 9!
8. oven biasanya dibuat berbentuk kotak dan tertutup, hal ini bertujuan untuk ...

9. pikiran pokok yang terdapat pada teks di atas adalah ...

perhatikan paragraf berikut!

10. tulislah beberapa dampak kekeringan di musim kemarau berdasarkan teks di atas!

Kompetensi mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

1. perhatikan gambar berikut!
berdasarkan gambar di atas, kerangka berfungsi untuk ...
a. melindungi organ tubuh yang penting
b. memberi bentuk pada tubuh
c. membentuk alat gerak pasif
d. menegakkan tubuh

2. perhatikan gambar berikut!
gambar di atas adalah kerangka manusia bagian ...
a. tengkorak, terdiri atas tulang pelipis, belikat, dahi
b. tengkorak, terdiri atas tulang ubun-ubun, pipi, kering
c. tengkorak, terdiri atas tulang dahi, ubun-ubun, rahang
d. tengkorak, terdiri atas tulang rusuk, betis, selangka

3. perhatikan data berikut ini!
(A) tulang pipa            (1) tulang rusuk
(B) tulang pipih           (2) tulang jari tangan
(C) tulang pendek        (3) tulang pergelangan tangan
                                     (4) tulang paha
pasangan bentuk tulang dan contohnya yang tepat adalah ...
a. A-4, B-2, C-3
b. A-2, B-4, C-1
c. A-1, B-2, C-3
d. A-2, B-1, C-3

4. perhatikan gambar berikut!
bagian kerangka seperti gambar di samping berfungsi untuk melindungi ...
a. jantung, paru-paru
b. jantungn, ginjal
c. paru-paru, otak
d. jantung, organ reproduksi

5. perhatikan gambar!
berdasarkan gambar di atas, nama tulang yang ditunjuk huruf X dan Y berturut-turut adalah ...
a. selangka dan belikat
b. belikat dan selangka
c. belikat dan rusuk
d. selangka dan kelangkang

6. kerangka manusia bagian gelang panggul terdiri atas tulang ...
a. belikat, kemaluan, duduk
b. duduk, usus, selangka
c. pelipis, dahi, tapis
c. pelipis, dahi, tapis
d. usus, kemaluan, duduk

7. alat gerak atas manusia tersusun atas tulang ...
a. hasta, pengumpil, kering
b. pengumpil, lengan atas, belikat
c. kering, betis, paha
d. hasta, pengumpil, pergelangan tangan

8. perhatikan gambar!
berdasarkan gambar di atas, nama tulang yang ditunjukkan nomor 5 adalah ...

9. ruas-ruas tulang belakang termasuk kelompok tulang berbentuk ...

10. jika kita mengamati wayang kulit, ternyata ada kayu yang dilekatkan pada wayang tersebut. adanya kayu yang dilekatkan membuat wayang yang terbuat dari lembaran kulit dapat berdiri. demikian juga tubuh manusia, terdiri dari kerangka dan otot. tanpa adanya kerangka, maka tubuh manusia hanya berupa onggokan otot saja.
berdasarkan ilustrasi di atas, sebutkan 3 fungsi kerangka bagi manusia!

Kompetensi mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

1. bentuk hubungan timbal balik antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, serta kelompok dengan kelompok disebut ...
a. interaksi
b. kelompok
c. ekosistem
d. lingkungan

2. lingkungan yang terbentuk secara alamiah tanpa campur tangan manusia disebut ...
a. buatan
b. alam
c. biotik
d. abiotik

3. perhatikan gambar!
gambar diatas merupakan hubungan interaksi antara ...
a. manusia dengan lingkungan sosial
b. manusia dengan lingkungan alam
c. manusia dengan lingkungan budaya
d. manusia dengan lingkungan ekonomi

4. tanah, batu, air, dan udara termasuk dalam komponen ...
a. buatan
b. alam
c. biotik
d. abiotik

5. perhatikan gambar!
profesi seperti pada gambar di atas harus memperhatikan ...
a. situasi
b. lingkungan
c. kondisi
d. cuaca

6. organisasi PBB yang menetapkan batik sebagai warisan budaya indonesia adalah ...
a. WHO
b. UNICEF
c. UNESCO
d. ILO

7. petani yang mempunyai sawah di lereng bukit membuat sistem terasering, yang bertujuan supaya ...
a. tanah tandus
b. tanah tidak longsor
c. tanah subur
d. air bisa mengalir

8. indonesia terletak antara 95 derajat bujur timur - 141 derajat bujur timur dan 6 derajat lintang utara - 11 derajat lintang selatan, bila dilihat secara ...

9. tujuan para pembatik menggunakan pewarna alami adalah ...

10. perhatikan teks berikut ini!
suatu daerah di lereng bukit, kehidupan perekonomiannya tergantung pada satu mata pencaharian, yaitu bercocok tanam. perekonomian masyarakat pas-pasan, padahal lingkungan sekitar sangat subur. suatu saat, salah satu dari universitas negeri menugaskan mahasiswanya untuk PKL (pendidikan kerja lapangan) / KKN (kuliah kerja nyata) di daerah tersebut. kemudian rombongan mahasiswa tersebut bersama masyarakat berencana membuat tempat wisata di sekitar lingkungannya.
jelaskan apa saja pengaruh sosial, budaya, dan ekonomi dari bacaan di atas!

Kompetensi mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP)

1. Jenis tangga nada yang memakai lima nada pokok dinamakan ...
a. diatonis
b. pentatonis
c. mayor
d. minor

2. Alat musik yang digunakan untuk mengiringi lagu pada tangga nada pentatonis adalah ...
a. piano
b. gitar
c. biola
d. saron

3. Alat musik yang digunakan untuk mengiringi lagu-lagu pada tangga nada diatonis ditunjukkan pada gambar nomor ...
a. 1 dan 2
b. 2 dan 3
c. 2 dan 4
d. 1 dan 3

4. Pada sistem tangga nada diatonis, nada ke delapan merupakan pengulangan nada ...
a. kedua
b. ketiga
c. keempat
d. pertama

5. Lagu yang menggunakan tangga nada slendro memiliki kesan ...
a. lembut
b. gembira
c. sedih
d. lambat

6. Contoh lagu daerah Jawa yang menggunakan tangga nada pelog adalah ...
a. Gundhul-gundhul Pacul
b. Karatangan Pahlawan
c. Macepet-Cepetan
d. Cublak-cublak Suweng

7. Perhatikan gambar!
jenis pola lantai pada tari daerah pada gambar tersebut adalah ...
a. lurus
b. lingkaran
c. horisontal
d. diagonal

8. Tari yang dibawakan dengan seorang diri disebut ...

9. Lagu daerah yang berjudul "Rek Ayo Rek" berasal dari daerah provinsi ...

10. Perhatikan gambar!
a. Nama Tari    : ...
b. Pola Lantai  : ...
c. Asal         : ...



LATIHAN SOAL PAT / UKK BAHASA JAWA KELAS 5


I. Wenehana tandha ping (x) ing aksara a, b, c, utawa d ing wangsulan kang bener!

tembang pangkur ing ngisor iki, kanggo mangsuli nomer 1-5!

PANGKUR
sekar pangkur kangn winarna
lelabuhan kang kanggo wong ngaurip
ala lan becik punika
prayoga kawruhana
adat waton punika dipunkadulu
miwah ingkang tata krama
den kaesthi siyang ratri

1. tembung pangkur iku saben sapada ana ... gatra
a. 6
b. 7
c. 8
d. 9

2. guru lagu gatra katelu tembang pangkur yaiku ...
a. a
b. i
c. u
d. e

3. guru wilangan lan guru lagu tembang pangkur gatra kaping lima yaiku ...
a. 8u
b. 10a
c. 12u
d. 14e

4. tegese tembung "kawruhana" padha karo tembung ...
a. dimangerteni
b. didhawuhi
c. disulayani
d. ditimbali

5. "adat waton punika dipunkadulu" tegese ...
a. adat kebiasaan kuwi digatekake
b. adat kebiasaan kuwi dilalekake
c. adat kebiasaan kuwi ora perlu
d. adat kebiasaan kuwi dirungokake

6. isine tembang pangkur ing ndhuwur yaiku ...
a. wong urip kudu tumindak becik amarga digatekake wong liya
b. wong urip kudu tumindak becik amarga nggatekake aturan lan tata krama
c. wong urip kudu manut marang wong liya supayane ayem tentrem
d. wong urip kudu tumindak becik supaya diwenehi alem

7. tembang pangkur kalebu tembang ...
a. dolanan
b. macapat
c. daerah
d. nasional

8. cacahing wanda saben sagatra ing tembung macapat diarani ...
a. guru gatra
b. guru lagu
c. guru wilangan
d. guru jawa

9. dhong dhing ing swara ing pungkasane gatra diarani ...
a. guru gatra
b. guru lagu
c. guru wilangan
d. guru jawa

10. tembang macapat kang cacah gatrane padha tembang pangkur yaiku ...
a. maskumambang
b. gambuh
c. mijil
d. asmaradana

Cerita legenda ing ngisor iki kanggo mangsuli soal nomer 11-17!

11. irah-irahane cerita legenda iku yaiku ...
a. asal-usule kawah sikedang
b. asal-usule kawah sikudang
c. asal-usule kawah sikidang
d. asal-usule kawah sikideng

12. paraga ing crita iku jenenge ...
a. sinta dewi lan kawah sikidang
b. kidang garungan lan dewi-dewi
c. sinta dewi lan kidang garungan
d. kidang garungan lan sinta sari

13. sinta dewi ngajokake syarat marang kidang garungan wektu dilamar, syarate yaiku ...
a. gawe telaga gedhe
b. gawe candi cacahe sewu
c. gawe istana
d. gawe sumur gedhe

14. watak paraga sinta dewi yaiku ...
a. wicaksana
b. licik
c. andhap asor
d. srei

15. kidang garungan nduweni watak ...
a. nepati janji
b. licik
c. andhap asor
d. serakah

16. sinta dewi lan pengawale ngurug sumur. "ngurug" tegese ...
a. mbuka
b. nableg
c. ndelok
d. weruh

17. sumur iku mledhak kanthi panas lan laipsane gogrok. tegese tembung "gogrok" yaiku ...
a. jugrug
b. nutup
c. mbuka
d. mati

Cerita wayang ing ngisor iki kanggo mangsuli soal nomer 18-30!
18. dewi srikandhi madeg senapati amarga ...
a. pandhawa wis gugur kabeh
b. pandhawa emoh ngadhepi simbahe dhewe amarga sejatine wegah perang
c. pandhawa ora wani ngadhepi simbahe amarga kalah sakti
d. resi bisma netepake srikandhi madeg senapati

19. gamanne dewi srikandhi kang natoni senapati agung astina yaiku ...
a. pedhang
b. gada
c. panah
d. keris

20. paraga utama ing cerita pewayangan ing dhuwur yaiku ...
a. prabu kresna
b. srikandhi
c. dewi amba
d. resi bisma

21. ing madyaning paprangan resi bisma kaget amarga ...
a. kepethukan karo dewi amba
b. ora nyana ketemu srikandhi
c. sing methukake prajurit wanita
d. pandhawa ora gelem maju

22. srikandhi dadi mantep, awake entheng lan semangat minangka madeg senapati amarga ...
a. kesusupan sukmane dewi amba
b. pengen nemahi timas ing baratayudha
c. duweni dendam marang resi bisma
d. diutus marang resi seta

23. resi bisma ngadeg jejeg ana ing panggonan jembar supaya ...
a. luwih gampang nyerang srikandhi
b. luwih gampang ngamati paprangan
c. luwih gampang anggone srikandhi menthang panah
d. luwih gampang ngunus pedhange

24. watak kang iso ditiru marang dewi srikandhi yaiku ...
a. sanajan wanita nanging ora nduweni rasa kamanungsan
b. sanajan wanita nanging ora duwe pakarti luhur
c. sanajan wanita nanging wani balaske dendame
d. sanajan wanita nanging ora wedi maju perang bela bangsa lan negarane

25. watak pandhawa kang bisa diconto yaiku ...
a. tansah urmat lan bekti marang wong tuwa
b. seneng tumindak ala
c. ora ngajeni wong liya
d. sawenang-wenang

26. resi bisma uga nduweni watak becik yaiku ...
a. pinter siasat perang
b. maju perang merga netepi sumpah lan janjine marang negarane
c. seneng tetulung marang liyane
d. seneng tumindak culika

27. ing pandulune resi bisma, dewi srikandhi malih dadi dewi amba amarga ...
a. wajahe dewi srikandhi ngelingake marang dewi amba
b. dewi amba melu perang baratayudha
c. dewi amba janji bakal methuk bisma lumantar prajurit wanita
d. dewi srikandhi mirip dewi amba

28. ing pandulune, wujude dewi wara srikandhi malih dadi dewi amba. "pandulu" tegese ...
a. krungu
b. krasa
c. pametu
d. pandeleng

29. dasanamane gendhewa yaiku ...
a. anak panah
b. busur panah
c. pedhang
d. gada

30. resi bisma tumeka ing pralaya. "pralaya" tegese ...
a. gerah
b. seda
c. waras
d. mabur

31. aksara jawa dentawyanjana ana ... huruf
a. 18
b. 20
c. 24
d. 26

32.  diwaca ...
a. bakul kara
b. bakul sanga
c. bakul mara
d. bakul dara

33. "warak ngendhog" yen ditulis nganggo aksara jawa yaiku ...
a.
b.
c.
d.

34. yen ditulis latin yaiku ...
a. bu guru sampun kondur
b. bu guru sampun bidhal
c. bu guru sampun rawuh
d. bu guru sampun tindak

35. "aku bisa nari rancak denok" yen ditulis aksara jawa yaiku ...
a.
b.
c.

d.
II. Isenana ukara ing ngisor iki nganggo tembung-tembung kang trep!

36. cacahing larik saben sapada diarani ...

37. miturut paugeran tembang pangkur, guru wilangan ing larik pitu yaiku ...

38. guru lagu tembang pangkur ing larik sepisan yaiku ...

39. pitutur kang bisa dituladhani saka legenda kawah sikidang yaiku ...

40. kidang garungan ngutuk keturunane sinta dewi nduweni rambut gimbal. saka ukara iku, kidang garungan nduweni watak ...

41. gambar wayang ing ngisor iki asmane ...

42. dewi srikandhi iku garwane ...

43. pitutur kang bisa diteladhani saka crita wayang "srikandhi madeg senapati" yaiku ...

44. tulisan ing ngisor iki yen diwaca ...

45. "anak kidang" yen ditulis aksara jawa yaiku ...

III. Wangsulana pitakon-pitakon ing ngisor iki!

46. sebutna 3 wae paugerane tembang pangkur!

47. sebutna crita legenda kang ana ing daerahmu 3 wae!

48. tulisen ing sak paragraf cerita legenda ana daerah sekitarmu!

49. sebutna 3 wae paraga ing cerita wayang "srikandhi madeg senapati"!

50. tulisen nganggo aksara jawa "aku nari gambang semarang"!


Thursday, May 14, 2020

SOAL IPS KELAS 5 TEMA 9

 
1. Secara astronomis Indonesia terlatak diantara …
A. 95o LU - 141o LS dan 6o BT - 11o BT
B. 95o LS - 141o LU dan 6o BT - 11o BB
C. 6o LU - 11o LS dan 95o BT - 141o BT
D. 6o LS - 11o LU dan 95o BT - 141o BB

2. Secara geografis Indonesia terletak diantara dua benua, yaitu …
A. Asia dan Eropa
B. Asia dan Australia
C. Afrika dan Asia
D. Afrika dan Amerika

3. Secara geografis juga, Indonesia terletak diantara dua samudra, yaitu …
A. Hindia dan Atlantik
B. Hindia dan Aktik
C. Atlantik dan Pasifik
D. Hindia dan Pasifik

4. Badan Usaha Milik Negara PT PELNI, melayani masyarakat dalam bidang …
A. Kesehatan
B. Transportasi darat
C. Transportasi udara
D. Transportasi laut

5. Orang yang berusaha untuk menghasilkan barang/jasa, dengan mengolah bahan mentah menjadi barang jadi disebut …
A. Produsen
B. Distributor
C. Konsumen
D. Kontraktor

6. Letak suatu tempat berdasarkan garis lintang dan garis bujur disebut letak …
A. Geografis
B. Geologi
C. Astronomis
D. Strategis

7. Garis lintang 0o atau garis katulistiwa menbagi bumi menjadi dua bagian yaitu …
A. Timur dan barat
B. Utara dan selatan
C. Timur dan utara
D. Barat dan selatan

8. Di Indonesia bidang perkebunan dengan membudidayakan tanaman …
A. Palawija
B. Jagung
C. Ubi jalar
D. Kelapa sawit

9. BUMN adalah perusahaan yang modalnya diperoleh dari …
A. Negara
B. Pengusaha
C. Pengrajin
D. Masyarakat

10. Berikut ini yang termasuk kegiatan distribusi adalah …
A. Pabrik garmen mengekspor produksinya ke Canada
B. Pabrik membuat barang untuk dipakai dalam negeri
C. Pabrik tekstil memperkerjakan karyawan baru
D. Perusahaan batik membuat sarung dan baju batik

Silakan klik Di Sini untuk mengerjakan melalui google form untuk langsung mengetahui hasilnya!

Sampai jumpa di latihan soal berikutnya!

SOAL PKn KELAS 5 TEMA 9


1. Cara memupuk persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari dapat dilakukan dengan...
A. Ikut kerja bakti
B. Memusuhi tetangga
C. Tidak ikut ronda malam
D. Bertengakar dengan tetangga

2. Siswa kelas 5 kerja bakti membersihkan lingkungan sekolahan.Sikap yang ditunjukkan pada kegiatan tersebut adalah...
A. Adil
B. Setia kawan
C. jujur
D. Gotong royong

3. Kegiatan Ronda yang dilakukan warga akan membuat lingkungan menjadi...
A. Bersih
B. Nyaman
C. Aman
D. Tertib

4. Semboyan Bangsa Indonesia tentang keberagaman adalah...
A. Jalesveva Jayamahe
B. Swa Buana Paksa
C. Tutwuri Handayani
D. Bhineka Tunggal Ika

5. Menjaga persatuan dan kesatuan di Lingkungan sekolah merupakan tanggung jawab...
A. Seluruh warga sekolah
B. Seluruh Siswa
C. Seluruh guru
D. Guru dan siswa

6. Lambang Pacncasila sila ke 3 adalah...
A. Rantai
B. pohon beringin
C. Kepala Banteng
D. Padi dan kapas

7. Prilaku yang mencerminkan persatuan dan kesatuan di sekolah adalah...
A. Bekerjasama saat ulangan
B. Meminta uang dengan paksa untuk kegiatan sosial
C. Melaksanakan kerja bakti di sekolah
D. memberikan bantuan saat ulangan

8. Bunyi Pancasila sila ke 3 adalah
A. persatuan Indonesia
B. Ketuhanan Yang Maha Esa
C. Kemanusiaan yan adil dan beradab
D. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

9. salah satu cara membina kerukunan antar umat beragama adalah..
A. mengajak ibadah yang berlainan agama
B. memberikan kesempatan teman untuk beribadah
C. mengajarkan agama kepada teman lain agama
D. mengajak pindah agama teman yang berlainan agama

10. mengajari teman yang kesulitan belajar merupakan cermin sikap persatuan dan kesatuan dilingkungan...
A. rumah
B. sekolah
C. masyarakat
D. pesantren

Silakan mengerjakan melalui google form Di Sini untuk langsung mengetahui hasilnya!
Sampai jumpa di latihan berikutnyaπŸ˜ŠπŸ˜ŠπŸ˜‰

LATIHAN SOAL PAT / UKK MATEMATIKA KELAS 5

Assalamu'alaikum anak-anak dan sobat pembaca.
Alhamdulillah, kita semua masih diberikan kesehatan sehingga masih bisa beraktifitas seperti hari-hari sebelumnya.
Kali ini penulis menyiapkan soal latihan untuk persiapan menghadapi Penilaian Akhir Tahun (PAT) kelas 5 pada pelajaran matematika.
Semoga tulisan ini memberikan manfaat untuk semua.
Selamat mengerjakan!

I. Kerjakan soal-soal di bawah ini dengan cara menyilang (x) pada jawaban yang benar!

1. bangun balok memiliki titik sudut sebanyak ...
a. 6
b. 8
c. 10
d. 12

2. sebuah bangun ruang memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
- memiliki 6 sisi yang berbentuk persegi
- memiliki 8 titik sudut
- memiliki 12 rusuk yang sama panjang
bangun ruang yang dimaksud adalah ...
a. balok
b. kubus
c. prisma segi empat
d. lima segi empat

3. bangun ruang balok memiliki sisi yang berbentuk ...
a. persegi
b. persegi panjang
c. segitiga
d. jajargenjang

4. rusuk x rusuk x rusuk adalah rumus untuk menentukan volume bangun ruang ...
a. balok
b. prisma
c. tabung
d. kubus

5. volume dari kubus yang mempunyai panjang rusuk 18 cm adalah ... cm3
a. 5.842
b. 5.832
c. 5.822
d. 5.812

6. sebuah kubus mempunyai volume 24.389 cm3. panjang rusuk kubus tersebut adalah ... cm
a. 25
b. 27
c. 29
d. 31

7. bus sudiro tungga jaya memiliki panjang bodi 20 meter, lebar 4 meter, dan tinggi 3 meter. volume bus tersebut adalah ... m3
a. 230
b. 240
c. 250
d. 260

8. bu lorena mempunyai sebuah kardus berbentuk kubus dengan panjang rusuk 57 cm. volume dari kubus bu lorena adalah ... cm3
a. 185.329
b. 185.239
c. 185.193
d. 185.219

9. sebuah balok memiliki volume 1.400 cm3. jika balok tersebut memiliki panjang 35 cm dan lebar 5 cm, tinggi balok tersebut adalah ... cm
a. 8
b. 9
c. 10
d. 11

10. sebuah balok mempunyai volume 60 m3. jika tingginya 5 cm, kemungkinan panjang dan lebarnya berturut-turut adalah ... cm dan ... cm
a. 4 dan 5
b. 6 dan 2
c. 6 dan 3
d. 5 dan 4

11. hasil akar pangkat tiga dari 46.656 cm3 adalah ... cm
a. 63
b. 36
c. 38
d. 83

12. hasil akar pangkat tiga dari 592.704 cm3 adalah ... cm
a. 81
b. 82
c. 83
d. 84

13. budi mempunyai sebuah kotak karton berbentuk kubus dengan panjang rusuk 30 cm. tepat diatas karton tersebut terdapat karton lain berbentuk balok dengan panjang dan tinggi yang sama dengan karton berbentuk kubus, tetapi tingginya hanya setengah dari karton kubus. volume kedua karton tersebut adalah ... cm3
a. 40.000
b. 40.500
c. 41.000
d. 41.500

Perhatikan gambar di bawah ini untuk mengerjakan soal 14-17!

14. jika sisi MHEB adalah sisi atas balok, maka sisi alas balok adalah ...
a. LIHM
b. HGFE
c. KJIL
d. BEDC

15. panjang rusuk MN adalah 5 cm. berikut di bawah ini yang tidak memiliki panjang yang sama dengan rusuk MN adalah ...
a. GH
b. EF
c. BM
d. AB

16. sisi yang berhadapan dengan sisi BEDC adalah sisi ...
a. LIHM
b. NMBA
c. KJIL
d. MHEB

17. jika panjang GF adalah 10 cm, BE adalah 8 cm, dan ED adalah 6 cm. volume balok tersebut adalah ... cm3
a. 140
b. 400
c. 480
d. 520

Perhatikan gambar di bawah ini untuk mengerjakan soal nomor 18 dan 20!
balok 3 memiliki panjang 40 cm, lebar 20, dan tinggi 24 cm.
balok 2 memiliki ukuran separuh dari balok 3.
balok 1 memiliki ukuran separuh dari balok 2.

18. volume balok 2 adalah ... cm3
a. 2.300
b. 2.400
c. 2.500
d. 2.600

19. volume balok 1 adalah ... cm3
a. 300
b. 400
c. 500
d. 600

20. volume gabungan dari gambar tersebut adalah ... cm3
a. 21.600
b. 21.900
c. 22.200
d. 22.500

Perhatikan gambar di bawah ini untuk mengerjakan soal nomor 21 sampai 22!
21. selisih jumlah armada dari PO sudiro tungga jaya dan PO sumber kencono adalah ... unit
a. 100
b. 75
c. 50
d. 25

22. pernyataan di bawah ini yang sesuai berdasarkan tabel di atasa adalah ...
a. jumlah PO sindoro satriamas adalah yang paling sedikit
b. PO pandawa 86 mempunyai jumlah armada terbanya kedua
c. jumlah armada yang dimiliki PO Sudiro Tungga Jaya adalah 250 armada
d. jumlah armada PO sumber kencono lebih banyak dari jumlah armada PO Haryanto

Perhatikan gambar di bawah ini untuk mengerjakan soal nomor 23 sampai 25!


23. jika jumlah siswa di SD "pinter bener" adalah 600 orang, banyaknya siswa kelas 4 adalah ... orang
a. 120
b. 122
c. 124
d. 126

24. jumlah siswa kelas 1 dan kelas 5 adalah ... orang
a. 200
b. 198
c. 196
d. 194

25. selisih banyaknya siswa kelas 3 dan kelas 6 adalah ... orang
a. 18
b. 28
c. 38
d. 48

II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar!

26. banyak sisi yang dimiliki bangun ruang kubus adalah ... buah
27. bangun ruang balok memiliki ... titik sudut
28. volume sebuah kubus dengan panjang rusuk 35 cm adalah ... cm3
29. sebuah bangun ruang berbentuk kubus memiliki volume 13.824 cm3. panjang rusuk kubus tersebut adalah ... cm
30. pak abdulah memiliki bak mandi berbentuk balok dengan panjang 1 meter, lebar 50 cm, dan tinggi 120 cm. bak mandi tersebut sudah terisi setengahnya. volume air yang perlu ditambahkan pak abdulah agar bak mandinya penuh terisi dengan air adalah ... cm3

Perhatikan gambar di bawah ini untuk mengerjakan soal nomor 30 sampai 32!
 
30. jenis sosial media yang paling banyak digunakan adalah ...
31. jenis sosial media yang paling sedikit digunakan adalah ...
32. jika banyaknya anak yang menggunakan media sosial semuanya adalah 200. banyaknya anak yang menggunakan media sosial instagram adalah ... %

Perhatikan gambar di bawah ini tentang data tinggi badan keluarga pak mustofa untuk mengerjakan soal nomor 33 sampai 35!
 
33. selisih tinggi badan dani dan andin adalah ... cm
34. keluarga pak mustofa yang memiliki tinggi badan paling tinggi yaitu ...
35. tinggi badan dari dian adalah ... cm

III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!

36. sebutkan 4 ciri-ciri bangun ruang kubus!
37. Anggoro memiliki sebuah mainan berbentuk balok dengan panjang 40 cm, lebar 35 cm, dan volume 35.000 cm3. tinggi mainan anggoro adalah ... cm
38. gambarlah 2 jaring-jaring kubus yang berbeda! (ukuran bebas)

Data makanan kesukaan siswa kelas 5 SD "Pinter Bener"(untuk mengerjakan soal 39 dan 40!)
39. Buatlah diagram batang dari data di atas!
40. Buatlah diagram garis dari data di atas!

Silakan yang ingin berdiskusi bisa meninggalkan komentar di kolom komentar di bawah ini!
Tetap semangat belajarnya ya!πŸ’ͺπŸ’ͺ

Wednesday, May 13, 2020

SOAL LATIHAN PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT) / PKK PJOK KELAS 5

Kerjakan soal-soal di bawah ini dengan cara menyilang (x) pada jawaban yang paling benar!

1. Dalam permainan sepak bola, kombinasi gerak dasar nonlokomotor dan manipulatif seperti gambar bertujuan . . . .
A. menahan bola agar dapat dioper kembali
B. mengendalikan bola agar tidak direbut lawan
C. menahan bola dengan meredam kecepatannya
D. menguasai bola agar tidak melambung terlalu tinggi

2. Rendra memukul bola rounders diikuti gerakan melangkah. Gerakan yang dilakukan Rendra menunjukkan kombinasi gerak dasar . . . .
A. manipulatif dan nonlokomotor
B. manipulatif dan lokomotor
C. lokomotor dan manipulatif
D. nonlokomotor dan manipulatif

3. Fajri berlatih melompati peti lompat. Posisi kaki Fajri saat melayang di atas peti sebaiknya . . . .
A. ditekuk
B. diayunkan
C. dirapatkan
D. dikangkangkan

4. Nailul dan teman-temannya melakukan senam ketangkasan. Sebelum melakukan senam, Ustadzah mengajak mereka melakukan pemanasan. Pemanasan berfungsi untuk . . . .
A. menghindari cedera
B. menjaga tubuh tetap bugar
C. memberi tenaga tambahan
D. meningkatkan kemampuan senam

5. Gerakan meluncur dalam renang gaya dada dilakukan dengan cara . . . .
A. kaki bertumpu pada dinding
B. lengan berada di bawah dagu
C. posisi muka berada di atas permukaan air
D. kedua kaki dan lengan lurus sejajar permukaan air

6. Gerakan renang seperti gambar disebut dengan istilah gaya . . . .
A. dada
B. bebas
C. punggung
D. kupu kupu

7. Menjaga kesehatan badan dapat dilakukan dengan cara . . . .
A. belajar yang rajin
B. olahraga secara teratur
C. makan yang banyak
D. tidur siang setiap hari

8. Orang yang menderita penyakit menular ditempatkan di ruangan isolasi di rumah sakit. Langkah tersebut dilakukan dengan tujuan . . . .
A. menghindarkan perawat dari virus penyakit
D. membuat keluarga orang yang sakit merasa nyaman
C. membuat orang yang sakit merasa nyaman
D. agar virus penyakit tidak menular

9. Nikotin merupakan zat adiktif yang terdapat pada rokok. Zat ini berbahaya karena . . . .
A. menyebabkan kecanduan
B. mengganggu pernapasan
C. menyumbat paru-paru
D. menyebabkan kanker

10. Upaya pemulihan kesehatan jiwa dan raga bagi pengguna narkoba dan bertujuan mencegah bekas pengguna narkoba agar tidak mengonsumsi narkoba, adalah upaya penanggulangan masalah narkoba . . . .
A. Prevensi
B. Represi
C. Kurasi
D. Rehabilitasi

Silakan kerjakan melalui google form Di Sini jika anak-anak dan sobat pembaca menginginkan untuk mengetahui langsung hasil nilai yang didapatkan.

Sampai jumpa di latihan berikutnya!😊😊😊

Monday, May 11, 2020

SOAL MATEMATIKA KELAS 5


Kerjakan soal-soal di bawah ini dengan cara menyilang pada jawaban yang benar!

1. Sebuah bangun ruang yang memiliki ciri-ciri: memiliki 6 sisi yang berentuk persegi, memiliki 8 titik sudut, memiliki 12 rusuk yang sama panjang. Bangun ruang tersebut adalah ....
a. Balok
b. Kubus
c. Prisma
d. Limas segiempat

2. p x l x t adalah rumus untuk menentukan volume ....
a. Balok
b. Kubus
c. Tabung
d. Prisma

3. Rusuk dari kubus yang memiliki volume 175.616 cm3 adalah ..... cm
a. 54
b. 55
c. 56
d. 57

4. Sebuah balok memiliki panjang 20 cm dan tinggi 16 cm. Volume balok tersebut adalah 2560 cm. maka lebar balok adalah ....
a. 7
b. 8
c. 18
d. 16

5. Ayah akan membuat kerangka sangkar burung yang berbentuk kubus dengan panjang rusuk 44 cm. bila menggunakan bambu maka panjang bilah bambu yang dibutuhkan ayah adalah .....cm
a. 508
b. 518
c. 528
d. 538

6. Seorang guru mengumpulkan data mengenai berat badan siswa dengan menimbangnya dan mencatatnya di daftar siswa. cara pengumpulan data tersebut adalah dengan cara ....
a. wawancara
b. lembar isian
c. mengutip laporan
d. pencatatan langsung

Di bawah ini adalah diagram batang data mata pelajaran favorit siswa kelas V SD Mekar Buana. untuk menjawab soal nomor 7 - 10.

7. Jumlah siswa kelas V SD Mekar Buana adalah .... siswa.
a. 40
b. 41
c. 42
d. 39

8. Selisih siswa yang menyukai pelajaran Bahasa Indonesia dan IPA adalah .... siswa
a. 2
b. 3
c. 4
d. 5

9. Jumlah siswa yang menyukai pelajaran matematika dan IPS adalah .... siswa
a. 16
b. 15
c. 20
d. 24

10. Mata pelajaran yang paling disukai siswa kelas V SD Mekar Buana adalah ....
a. Matematika
b. Bahasa Inggris
c. IPS
d. Bahasa Indonesia

Kerjakan lewat google form untuk bisa mengetahui hasilnya Klik Di Sini!

Sampai jumpa di latihan soal berikutnya!